AHM Gandeng SMK Terapkan Kurikulum TSM Honda

KERJASAMA: Technical Training PT. AHM, Muhammad Alwi menyerahkan piagam kepada Kepala Seksi PTK dan Kejuruan Bidang SMK Dinas Dikpora Provinsi NTB, H, Sahnun, di sela MoU penerapan Kurikulum TSM di SMK se NTB (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG—PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor Mataram  kembali menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pengembangan kerjasama Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda untuk SMK di seluruh Indonesia sebagai upaya peningkatan kualitas siswa.

AHM bersama Astra Motor Mataram, Selasa kemarin (14/3) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) KTSM Honda dengan lima SMK Negeri dan swasta di Provinsi NTB. Kelima SMK tersebut diantaranya, SMKN 1 Lingsar, SMKN 1 Kuripan, SMKN 2 Kota Bima, SMKN 1 Woja dan SMKN 1 Narmada bertempat di SMKN 1 Lingsar.

Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut, Technical Training PT. AHM, Muhammad Alwi,   Regioan Head Astra Motor NTB, Wahyudi Saputra dan Kepala Seksi PTK dan Kejuruan Bidang SMK Dinas Dikpora Provinsi NTB, H, Sahnun, Kepala  SMK beserta perwakilan guru pembimbing jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda se-Pulau Lombok dan Sumbawa.

[postingan number=3 tag=”ekonomi”]

Technical Training PT. AHM, Muhammad Alwi mengatakan dengan adanya kurikulum ini, AHM bersama Astra Motor selaku main dealer Honda di NTB berharap dapat berkontribusi meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja (link and match program).

“Kami berharap penandatangan kerja sama kurikulum TSM Honda tidak berhenti disini saja. Tapi harus terus berlanjut hingga SMK menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang otomotif khususnya sepeda motor. Pengetahuan serta keterampilan siswanya selalu ter-upgrade sesuai perkembangan teknologi Honda” kata Alwi.

Region Head Astra Motor NTB, Wahyudi Saputra mengatakan pihaknya akan terus berusaha membangun kerjasama dengan pihak SMK dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan usaha khususnya dibidang perbengkelan sepeda motor.

Selain itu pula lulusan siswa/siswi SMK memiliki Attitude dan mental yang baik, sehingga mampu kedepannya berwirausaha secara mandiri dengan berbekal pengetahuan berupa teori maupun praktek yang didapat selama di SMK.

Ia berharap melalui kerjasama ini kiranya para pelajar memiliki semangat dalam melakukan praktik teknik sepeda motor Honda di sekolahnya, bahkan puluhan lulusan SMK teknik sepeda motor Honda diterima bekerja di AHASS.

“Dengan tekad bersama, semoga program kerjasama ini dapat terlaksana secara konsisten dan berkesinambungan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK di NTB,” harap Wahyudi Saputra.

Sementara Kepala SMKN 1 Lingsar, Ruju Rahmat menyambut baik kurikulum TSM yang dikembangkan oleh pihak Honda dalam hal ini Astra Honda Motor (AHM). Rahmat antusias SMK yang dipimpinnya bisa bekerjasama dengan Honda.

Implementasi upaya AHM mengembangkan kurikulum TSM Honda di Provinsi NTB ini didukung sepenuhnya oleh Astra Motor Region NTB selaku Main dealer AHM untuk wilayah NTB, yang telah mengadakan beberapa program yang bertujuan meningkatkan kompetensi para guru SMK, seperti pelatihan dan sinkronisasi kurikulum. “Pastinya kami di dunia SMK sangat berterimakasih atas kepedulian Honda dalam mencetak lulusan kompeten dari SMK,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Astra Motor NTB juga memberikan buku pedoman service dan parts catalog serta perlengkapan perbengkelan berupa Special Service Tools standar bengkel resmi Honda atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Astra Motor juga mempersiapkan siswa SMK untuk magang di jaringan AHASS yang tersebar di seluruh NTB, yang saat ini sudah mencapai 74 Bengkel AHASS. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid