Camat Minta Meninting Bike Park Dimanfaatkan untuk Publik

ist

GIRI MENANG — Taman Meninting  Bike Park yang dibangun sejak tahun 2021, belum dimanfaatkan hingga saat ini. Proyek yang dibangun dengan anggaran mencapai miliaran rupiah ini, dibangun oleh pemerintah pusat di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR).

Camat Batulayar, Afgan Kusumanegara menuturkan, kawasan Bike Park ini sebelum dibangun, dulunya kawasan ini tempat warga cari ikan, kerang, mancing dan tempat bermuaranya air dari hilir di persawahan Meninting dan sekitarnya. Itu sebabnya dulu di kampung-kampung yang ada di Desa Meninting tidak pernah banjir.

Sekarang setelah jadi Bike Park, harapannya adalah kawasan ini bisa menjadi tempat warga bermain. “Harapan kita adalah bisa jadi tempat warga bebas main sepedaan sambil wisata, sambil mancing di kolam yang ada, atau jogging lah. Eh, ternyata sepi-sepi saja, ” katanya, Jumat (24/11).

Sebagai Camat, pihaknya tidak tahu apa peruntukan bangunan bike Park ini. Apakah menjadi kawasan wisata, atau tempat sepeda masyarakat, juga tidak ada kepastian. “Terus sekarang peruntukannya tak jelas, jadi kawasan wisata tidak, tempat sepedaan warga juga tidak,” ujar Afgan.

Bike Park ini beberapa waktu lalu pernah dipakai untuk cabang olahraga BMX pada saat Porprov beberapa bulan lalu. “Jadi hanya dipakai pas even tertentu saja, yang entah berapa tahun sekali,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar taman sepeda ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, supaya pembangunan bermanfaat. “Ayo buka. Bike Park ini untuk masyarakat umum supaya bermanfaat, karena sudah dibangun 3 tahun lalu,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB Tribudi Prayitno mengatakan, kalau keberadaan Bike Park ini baru saja diserahkan dari pihak Balai Wilayah Sungai ( BWS) kepada Pemerintah Provinsi NTB. Itu karena bike Park ini baru selesai dibangun, dan sudah dilakukan perbaikan setelah dilakukan pemeliharaan oleh BWS akibat terkena dampak banjir beberapa waktu lalu. “Saat ini kawasan ini masih dibawah tanggung jawab BPKAD, dan rencananya akan diserahkan pengelolaan ke salah satu OPD,” katanya.

Dulunya area ini ditangani oleh DKP, kemudian dibangun menjadi kawasan Meninting Bike Park dengan anggaran mencapai belasan miliar. “Ada rencana Meninting Bike Park ini akan diserahkan ke Dispora,” ujarnya.

Kalau ini diserahkan ke Dispora, ini sangat bagus. Karena akan menjadi salah satu venue untuk Cabor BMX. “Kalau ini diberikan akan kita kelola dengan baik,” paparnya.

Kawasan Meninting bike Park dibangun di lahan dengan luas 2 hektar, dengan fasilitas lengkap ada kolam renang juga. Untuk kepastian pengelolaan, saat ini masih dalam persiapan, namun untuk pemeliharaan masih di BWS dan asetnya sudah masuk ke BPKAD. “Kalau ini sudah dikelola dengan bagus, pasti kawasan ini akan bagus,” tegas Prayitno. (ami)

Komentar Anda