Adnan Jadi Ketua PAN Lobar Lagi

H. Adnan (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – H.Adnan kembali memimpin Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode lima tahun kedepan berdasarkan hasil Musda V PAN kabupaten/kota se-NTB, yang digelar Jumat (26/2) lalu. Musda  dipimpin langsung Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan secara virtual, pengurus dan anggota PAN Lobar mengikutinya dari kantor PAN Lombok Barat.

Adnan yang ditemui usai Musda menjelaskan, dalam pelaksanaan Musda, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan sudah menunjuk tim formatur dan sekaligus menunjuk dirinya sebagai ketua PAN Lobar untuk lima tahun mendatang.”Saat Musda, sudah ditegaskan Ketum, menunjuk tim formatur, sekaligus menunjuk saya sebagai ketua DPD PAN Lobar,” tegas anggota DPRD Lobar tiga periode ini.

Dijelaskan Adnan, sebelum penunjukan, terlebih dahulu diusulkan 6-8 orang yang nantinya  diusulkan menjadi tim formatur, nama Adnan pada posisi urutan nama paling atas, kemudian ada nama Munawir Haris, Sumarni Haris, Andi Irwan, Husnul Bariyah. Namun oleh DPP kemudian melakukan seleksi kembali dan memfilter usulan yang masuk sehingga menjadi enam. Susunan formatur terdiri dari H. Adnan, Sumarni Haris di urutan kedua, Saiun di urutan ketiga, Munawir Haris di urutan keempat, Andi Irawan di urutan kelima  dan Husnul Bariyah di urutan keenam.” Ini tim formatur yang dikeluarkan oleh DPP,” tegasnya.

Tugas tim formatur adalah untuk melakukan musyawarah menentukan siapa yang akan ditetapkan menjadi ketua DPD PAN Lobar. Tetapi Ketum membuat kejutan yakni menunjuk langsung dirinya sebagai ketua DPD PAN Lobar. Yang ditunjuk langsung yang lain yakni ketua DPD PAN KLU dan KSB.

Kata Adnan, karena ada penunjukan langsung, tim formatur tidak perlu melakukan rapat untuk memilih ketua, tinggal melakukan rapat penyusunan pengurus partai.

Di Pileg 2024 nanti, Adnan optimis PAN bisa merebut kursi pimpinan DPRD Lobar. Terkait Pilkada Lobar tahun 2024 mendatang, PAN masih bersikap melihat dan menunggu dulu bagaimana potensi kader PAN yang bisa diusung. Karena sesuai arahan Ketum PAN, partai harus mendahulukan kader untuk diusung sebagai calon kepala daerah.”Sesuai arahan DPP, kita dahulukan kader, kalau tidak ada di kader, baru kita cari kader lain, siapa yang lebih layak diterima itu yang akan kita dorong,” tegasnya.

Ketua DPW PAN NTB, Muazzim Akbar, mengatakan, pelaksanaan Musda berlangsung lancar dengan menyepakati sejumlah formatur.(ami/sal)