Ada Peningkatan Hujan 10 Hari di NTB, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem!

MATARAM–Curah hujan di wilayah NTB pada dasarian I September 2021 berada pada kategori Rendah (0 – 50 mm/das). Curah Hujan tertinggi terjadi di wilayah Pemenang Timur dengan jumlah curah hujan sebesar 42 mm/dasarian.

Nindya Kirana dan I Gede Widi Hariarta, petugas
BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat menerangkan, sifat hujan pada dasarian I September 2021 di wilayah NTB didominasi sifat Atas Normal (AN). Sifat hujan Bawah Normal (BN) terjadi di sebagian wilayah Pulau Lombok antara lain Lombok bagian Timur, Kota Mataram, sebagian Lombok Tengah dan Bayan.

BACA JUGA :  Hilal Tak Terlihat di Pantai Loang Baloq Mataram

Kemudian kondisi suhu muka laut di sekitar wilayah Indonesia termasuk NTB, saat ini terpantau berada pada kategori hangat. Berdasarkan kondisi tersebut, pada pertengahan September 2021 terdapat peluang terjadinya hujan di wilayah NTB.

Pada dasarian II (10 hari kedua) September 2021, terdapat potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah NTB. Peluang curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yaitu lebih dari 50 mm, terjadi pada wilayah Sekotong, sebagian wilayah Lombok Tengah hingga Lombok Timur, Sumbawa Barat, sebagian Sumbawa, Kempo dan Woja sebesar 30 – 70%,” demikian dalam rilis BMKG.

BACA JUGA :  Hilal Tak Terlihat di Pantai Loang Baloq Mataram

Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem secara tiba-tiba yang bersifat lokal. Kemudian ketika akan memasuki puncak musim kemarau, suhu udara akan lebih dingin terutama pada malam hari dan angin yang bertiup lebih kencang. (RL)