Ada Event “Perang Topat” di Akhir Tahun

PERANG TOPAT : Di Lombok Barat, tepatnya di Pura Lingsar Kecamatan Lingsar tanggal 13 Desember mendatang, akan berlangsung event budaya “Perang Topat”. Ini adalah perang kedamaian dan menjadi salah satu ikon pariwisata Lombok Barat (Rasinah Abdul Igit/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Event budaya “Perang Topat” akan kembali digelar pada tanggal 13 Desember mendatang di Pura Lingsar Kecamatan Lingsar. Dinas Pariwisata  menyiapkan anggaran untuk menyukseskan kegiatan ini.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi mengatakan, akan diundang pula para agen travel dan pihak hotel menonton perang tersebut. Sehingga diharapkan mereka membawa para tamu mereka ke lokasi.

Para tamu pun akan mendapatkan suguhan tradisi perang topat.

Kata Ispan, persiapan kegiatan terus dilakukan dengan melibatkan masyarakat, khususnya dalam rapat-rapat internal. Terkait bagaimana caranya agar kegiatan tersebut bisa sukses dan menjadi daya tarik tersendiri ke depannya setiap tahun bagi wisatawan.

Pihaknya juga akan melakukan penataan lokasi sebaik mungkin, khususnya untuk para pedagang. Selain itu juga sarana dan prasarana pendukung lainnya sehingga tidak akan mengecewakan pengunjung yang datang menyaksikan secara langsung. “Setiap tahun tradisi perang topat ini dipadati wisatawan. Kita tidak ingin mengecewakan mereka,” ungkapnya.(zul)