Ada Dikukuhkan, Ada Juga Dimutasi

PELANTIKAN: Pelaksanaan pelantikan sekaligus pengambilan sumpah pejabat eselon II dan III A di jajaran Pemkab Lotim yang akan mengisi OPD Baru (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Pemkab Lotim akhirnya memberikan kepastian, terkait pengisian pejabat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang sempat kosong setelah mulai diberlakukan pada 1 Januari 2017 lalu.

Sebagai upaya untuk menormalkan roda pemerintahan, Pemkab akhirnya melakukan pengangkatan dan pelantikan para pejabat eselon II, dan III A untuk mengisi OPD baru tersebut. Pelaksaaan pelantikan , dilakukan di Pendopo Bupati, Senin (9/1). Setelah ini rencananya akan disusulkan dengan pelantikan  pejabat eselon IV.

Untuk eselon II , jumlah pejabat yang dilantik sebanyak 38 orang. Sedangkan untuk eselon III sebanyak 40 orang. Dari jumlah itu, sebagian ada yang tetap di percaya  pada posisi jabatan awalnya, dan sisanya ada yang di mutasi ke SKPD  yang baru. Pelaksanaan pengangkatan dan pelantikan pejabat ini, dihadiri langsung Bupati Ali BD, dan Wakil Bupati, Haerul Warisin.

Dari 38 eselon II yang dilantik untuk mengisi sejumlah jabatan  diantaranya, Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) tetap di jabat Rahman Farli. Kemudian Framadi Anugrah dari sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati Bidang pemerintahan, sekarang di geser menjadi staf ahli bupati di bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan.

Berikutnya H. Afkharuddin, yang sebelumnya sebagai Sekretaris Dewan, sekarang menjabat sebagai Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan. Kemudian Lalu Wirabakti jabatanya tetap di percaya sebagai Staf ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Muhammad Djuaini Taofik, dari sebelumnya sebagai Kabag Tata Pemerintahan, sekarang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan. Nuso Pranoto dari sebelumnya hanya sebagai Asisten Ekonomi Pembangunan, sekarang menjabat sebagai Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra. Khairil Anwar Mahdi, dari sebelumnya sebagai Asisten Pemerintahan, sekarang di percaya sebagai Asisten Administrasi Umum dan Aparatur.

[postingan number=3 tag=”opd”]

Kemudian,  Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD, kini di percaya dijabat  H. Kaharuddin. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kabag Tata Usaha, Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu. Kepala Inspektorat masih tetap di percaya di jabat Haris. Selanjutnya Suandi dari sebelumnya Kadis Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora), kini menjabat sebagai Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

Asrul Sani tetap menjabat sebagai Kadis Dikes. Toni Satrya Wibawa sebelumnya menjabat sebagai Administrasi Pembangunan, namun sekarang di ditempatkan sebagai Kadis Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang. Selanjutnya, Drs. M. Zaini dari sebelumnya sebagai Sekdis Dikpora, sekarang dia dipercaya sebagai Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadis Pora).

Mudahan, ST. MM dari sebelumnya Kabid Bina Marga PU, sekarag di percaya sebagai Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Kemudian Zainal Abidin dari sebelumnya Kadis Kehutanan dan Perkebunan sekarang menjabat sebagai Kasat Pol PP, menggantikan Salmun Rahman. R. Mulyanto Tejokusumo dari sebelumnya Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal, sekarang menjabat sebagai Kadis Sosial.

Sedangkan Andika Istu Jaya, dari sebelumnya Asisten Administrasi Umum, sekarang  menjabat sebagai Kadis Tenaga Kerja dan Transimigrasi. Sapirin, dia tetap dipercaya menjabat sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan. Satriadi, yang bersangkutan juga tetap ditempatkan sebagai Kadis Disdukcapil. Sama juga H. Syamsuddin, tetap menduduki jabatan sebagai Kepala BPMPD.

Suroto dari sebelumnya Kaban Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, sekarang dia menjabat sebagai Kadis Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana. Mahsin, jika sebelumnya sebagai Kadis Perhubungan Komunikasi dan Infomasi, sekarang hanya menjabat sebagai Kadis Perhubungan.

Selanjutnya Ridatul Yasa sebelumnya Sekdis Dissosnakertran, kini menjabat Kadis Komunikasi, Informatika dan Persandian. Berikutnya H. Teguh Sutrisman dari sebelumnya Sekdis ESDM Perindag, sekarang dipercaya menjabat Kadis Disperindag. Sahabuddin, yang bersangkutan posisinya tetap dipercaya sebagai Kadis Koperasi dan UKM.

Mohammad Syukri dari sebelumnya menjabat sebagai Kaban Pelayanan Perizinan Terpadu, sekarang menjabat Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Demikian Moh. Juhad dari sebelumnya Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumen, sekarang menjabat Kepala Perpustakaan dan Kearsipan.

Haryadi Djoewayni posisinya tetap sebagai Kadis Parawisata. Zaini dari sebelumnya Kadis Pertanian dan Peternakan, sekarang ia menjabat sebagai Kadis Pertanian. Sutarno Muharyadi, dari sebelumnya staf ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan,sekarang dipercaya sebagai Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Sedangkan Muhammad Tasywiruddin , ia tetap dipercaya sebagai Kadis Dinas Kelautan dan Perikanan. Achmad Dewantoro Hadi, Ia juga tetap dipercaya menjabat Kaban Perencanaan Pembangunan. H Najamuddin, dari sebelumnya Kepala BKD dan Diklat, sekarang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Salmun Rahman dari sebelumnya Kasat Pol PP, sekarang Kepala Badan Pendapatan Daerah, dan H. Napsi posisinya tetap sebagai Kepala BPBD. Terkahir Sudirman, juga tetap posisinya sebagai Kepala Bangkespoldagri.

Sementara untuk pengisian jabatan eselon III A, terdiri dari Kabag, Sekdis, Inspektur Pembantu, dan para Camat. Untuk Camat, terdapat sejumlah Camat yang dimutasi, dan sebagian tetap diposisinya. Camat Selong sekarang dipercayakan kepada Gusti Nyoman Parhan, Camat Sakra tetap di jabat Lalu Syafruddin, Camat Sukamulia dijabat Rasyidi, Camat Terara digantikan dengan Baiq Wirenegarawarti, Camat Sikur masih tetap dijabat Suwirlah.

Selanjutnya Camat Suralaga tetap dijabat Lalu Supriyadi, dan Sukarman juga tetap menjabat Camat Suela, kemudian Camat Motong Gading diganti Humaidi, Camat Sakra Timur masih tetap dijabat Hasim, Camat Sakra Barat tetap dijabat Muhsan, Camat Jerowaru tetap dijabat Lalu Muh. Zulkifli. Camat Masbagik tetap dijabat Muhammad Fahri, Camat Aikmel tetap dijabat Hadi Faturrahman, Camat Pringgabaya kini diganti Mawardi, Camat Pringgabaya tetap dijabat Buhari. Camat Labuan Haji tetap di jabat Rusno, Camat Wanasaba diganti Saleh. Camat Pringgasela tetap dijabat Hanuddin dan Camat Sembalun tetap dijabat Usman.

“Saya ingatkan dinas-dinas baru supaya hari-harinya digunakan betul untuk menata kantor anda, dan cepat menyesuaikan diri,” pesan Bupati Lotim, Ali BD.

Setelah pelantikan, dalam waktu dekat, Bupati Ali juga akan mengumpulkan semua Kadis untuk rapat membahas program kerja tahun 2017 ini. Dan ia juga mengingatkan ke SKPD untuk tidak terlalu cepat mengambil keputusan. Seperti Dinas PU, yang sebelumnya semau-maunya membuat jalan tanpa pernah melihat ke lapangan.

Begitu juga dengan Kadis lainnya, mereka juga harus bisa bekerja maksimal. “Mudahan kalian semua menjalankan tugas dengan penuh gairah, dan semangat untuk membangun Lotim yang lebih baik,” harap Ali. (lie)