Achmad Sukisman Azmy Serahkan Berkas Dukungan ke KPU

BERKAS DUKUNGAN: Balon DPD RI, Ir H. Achmad Sukisman Azmy, M.Hum (ASA), menyerahkan berkas dukungan e-KTP kepada Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud, Senin kemarin (26/12). (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024, Ir H. Achmad Sukisman Azmy, M.Hum (ASA), kembali maju mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Provinsi NTB pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Hal itu ditandai dengan diserahkannya berkas dukungan bakal calon (Balon) DPD RI, di Kantor KPU Provinsi NTB, Senin kemarin (26/12). Penyerahan berkas dukungan itu diterima langsung Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud, didampingi Komisioner KPU NTB, Syamsuddin.

Usai menyerahkan berkas dukungan, mantan Pimpinan Umum Radar Lombok ini mengungkapkan, bahwa dari 2.000 dukungan yang dipersyaratkan oleh KPU, dirinya menyerahkan berkas dukungan e-KTP sebanyak 2.222 yang tersebar di lima dari 10 kabupaten/kota se-NTB.

Dengan rincian, dari Lombok Timur sebanyak 1.053 dukungan, Lombok Tengah 494 dukungan, Lombok Barat 341 dukungan, Lombok Utara 188 dukungan dan kota Mataram 146 dukungan. “Total berkas dukungan e-KTP kita serahkan sebanyak 2.222 dukungan,” ucap mantan Ketua PWI Provinsi NTB ini.

Baca Juga :  Fauzan Bantah Ganti Rohmi Jadi Ketua NasDem NTB

Diungkapkan, pihaknya memilih lebih awal menyerahkan berkas dukungan e-KTP kepada KPU, agar masyarakat pemilih bisa mengetahui kalau dirinya kembali maju mencalonkan diri pada Pileg 2024. “Kita sengaja memilih daftar dan menyerahkan berkas dukungan lebih awal,” imbuh Haji Sukis, panggilan akrabnya.

Dengan keputusan kembali maju mencalonkan diri pada Pileg 2024, maka Haji Sukis sekaligus memohon doa dan dukungan warga NTB, untuk memanfaatkan suaranya daripada tidak digunakan dalam pemilihan nanti. Mengingat banyak warga yg asal pilih, bahkan tidak menggunakan hak pilihnya saat Pemilu. “Mohon doa dan dukungan masyarakat NTB,” pinta Haji Sukis.

Pantauan koran ini, empat Anggota DPD RI petahana periode 2019 – 2024 dipastikan maju kembali, dan sudah menyerahkan berkas dukungan e-KTP kepada KPU. Evi Apita Maya adalah yang pertama kali mendaftar dan menyerahkan berkas dukungan pada Jumat (23/12).

Baca Juga :  PKS Pinang Sukiman Jadi Caleg DPR RI

Kemudian, Achmad Sukisman Azmy pada Senin (26/12), pada pukul 08.00 Wita. Berselang dua jam, Lalu Suhaimi Ismy, menyerahkan berkas pada pukul 10.00 Wita, dan TGH Ibnu Kholil pada pukul 14.00 Wita. “Empat anggota DPD RI petahana sudah serahkan dukungan,” ucap Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud.

Lebih lanjut diungkapkan, hingga Senin (26/12), tercatat sudah ada 27 Balon DPD yang sudah mengambil akun dan pasword untuk akses pengisian Silon (sistem informasi pencalonan). Sesuai jadwal, pengisian Silon dan penyerahkan berkas dukungan kepada KPU akan dilakukan hingga tanggal 29 Desember 2022.

Sebab itu, pihaknya berharap agar Balon DPD bisa memanfaatkan waktu yang ada itu untuk mendaftar dan menyerahkan berkas dukungan kepada KPU. “Lewat dari jadwal yang ada, maka berkas dukungan tidak kita terima,” tegasnya. (yan)

Komentar Anda