ABK yang Dicurigai Ceburkan Diri, Ditemukan Selamat di Obel-Obel

Seban Jayadi ditemukan selamat di Obel-Obel. (IST/RADAR LOMBOK)

PRAYA–Seban Jayadi (21), ABK (anak buah kapal) KM Sumber Nelayan 28 asal Dusun Goge, Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur yang dicurigai menceburkan diri di perairan selatan Lombok pada Sabtu (26/2/2022) sekitar pukul 23.00 WIT berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH membenarkan informasi tersebut setelah menerima laporan dari bapak Beni.  “Ditemukan sekitar jam 19.00 WITA tadi (28/2/2022),” kata Nanang, Senin (28/2/2022).

Kronologis penemuan berawal dari Seban Jayadi berjalan di pesisir pantai Desa Obel-Obel, Lombok Timur dan menuju sebuah rumah untuk meminta air minum. Saat dilihat oleh Ismail, anak dari pemilik rumah, ternyata mengenali Seban Jayadi, karena ia juga merupakan ABK dari kapal yang sama. “Saat itu kondisinya sehat dan menggigil karena kedinginan,” ungkapnya.

Mengetahui kabar yang beredar, lantas ia menghubungi nakhoda kapal tersebut, menginformasikan bahwa korban berada di rumahnya dalam keadaan selamat. “Informasi sudah diteruskan ke Kantor SAR Denpasar untuk selanjutnya disampaikan ke pihak agen kapal,” tutupnya.

Sebelumnya, Seban Jayadi dicurigai menjatuhkan diri ke laut saat perjalanan menuju Pelabuhan Benoa Bali dengan jarak 12 Nm dari Pantai Kuta Lombok Tengah, pada Sabtu (26/2/2022) sekitar pukul 23.00 WIT. Baru disadari tidak ada di kapal pada esok harinya jam 08.00 pagi saat berada di perairan Bali. Hingga akhirnya dilaporkan ke SAR Denpasar dibantu SAR Mataram. (RL)