Abdul Hadi Batal Diusung PKS di Pilkada Lotim?

Abdul Hadi (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Wakil Ketua DPRD NTB Abdul Hadi kabarnya batal diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai bakal calon bupati di Pilkada Lombok Timur 2024. Pasalnya, Abdul Hadi akan diplot PKS sebagai caleg DPR RI Dapil Pulau Lombok.

Terkait hal itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPW PKS NTB Sembirang Ahmadi mengaku, memang ada aspirasi untuk mendorong Abdul Hadi memperkuat caleg DPR RI dari PKS bersama-sama dengan Suryadi Jaya Purnama.

“Pak Abdul Hadi memang disiapkan PKS untuk maju di Pilkada Lotim. Tetapi ada juga aspirasi meminta beliau maju ke DPR RI Dapil Pulau Lombok. Dan hal ini sedang digodok,” kata Anggota DPRD NTB Dapil Sumbawa-KSB ini, kemarin.

Baca Juga :  Logistik Pasangan SUSU Dipertanyakan

PKS menargetkan pada Pileg 2024 harus bisa meraih dua kursi di Dapil Pulau Lombok yakni Surjadi Jaya Purnama dan Abdul Hadi. Tapi sekali lagi kata Sembirang, ini masih digodok.

Sementara itu, Abdul Hadi yang dimintai komentar mengatakan, sebagai kader, ia menyerahkan itu sepenuhnya kepada keputusan partai. “Kita serahkan kepada keputusan partai,” ungkap pria asal Masbagik ini.

Namun yang jelas kata dia, karena Pileg dan Pilkada digelar di waktu yang berbeda pada 2024, maka Abdul Hadi pun menyatakan siap jika harus bertarung di dua agenda politik tersebut. “Jika itu perintah partai, kita siap,” ucapnya.

Baca Juga :  Suhaili dan Ahyar Dirayu Masuk Wanhat Golkar NTB

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Mataram Dr Saipul Hamdi menilai, sangat terbuka kemungkinan PKS urung mencalonkan Abdul Hadi di Pilkada Lotim 2024. Itu sebagai bentuk kompromi politik PKS dan NWDI. Dengan begitu, duet Zul-Rohmi jilid II berlanjut di Pilkada NTB 2024 dengan PKS memberikan tiket dukungan kandidat yang didukung NWDI yakni Rumaksi-Djamal. Sehingga tercipta koalisi linear di Pilkada NTB dan Pilkada Lotim. “Ini bentuk kompromi politik PKS dan NWDI, agar tercipta koalisi linear,” lugasnya. (yan)