96 Siswa MAN Cedekia Masuk Hari ini

Aozar Zawad (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG–Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Lombok Timur dipastikan mulai beroperasi tahun ajaran baru tahun 2017. Dimana pada ajaran baru ini terdapat sebanyak 96 siswa yang diterima.

“Siswa yang sebanyak 96 orang ini merupakan siswa unggulan hasil seleksi nasional yang dilakukan Kementrian Agama RI. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” terang Kepala MAN Insan Cendekia Lombok Timur, Aozar Zawad, Sabtu kemarin (15/7).

Persentase siswa di madrasah ini, jelasnya, dua per tiga adalah putrid. Sedangkan Seper tiganya merupakan putra. Mereka ini akan dibagi ke dalam 4 kelas. Dimana masing-masing kelas akan diisi sebanyak 24 orang siswa.

Dikatakan, untuk bis abersekolah di madrasah ini tidak mengenal sistem zonasi. Siswa di madrasah ini bahkan berasal dari banyak daerah.

“Jadi dalam seleksi ini tidak ada istilah zonasi dan mengutamakan putra daerah. Tetapi siswa masuk di sini merupakan siswa yang murni berdasarkan peringkat nilai hasil tes dengan syarat paling rendah peringkat tiga di sekolah,” katanya.

Siswa  yang sudah dinyatakan lulus seleksi, sambungnya, akan mengikuti Masa Ta’arruf Madrasah (Matsama). Siswa juga akan mengikuti matrikulasi atau pengulasan materi yang ada tingkat SMP atau MTS. Tujuannya untuk menyetarakan kemampuan.

Dikatakannya, MAN Insan Cendikia merupakan sekolah yang sangat diistimewakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Mulai dari segi anggaran hingga fasilitas yang dimiliki. (cr-wan)