9 Provinsi Masuk Semi Final Cabang Fahmil Quran

MATARAM – Memasuki hari ketiga pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 untuk cabang Fahmil Alquran yang juga hari terakhir babak penyisihan, Selasa (2/8), sebanyak sembilan provinsi sudah memastikan mengantongi tiket untuk masuk babak semi final yang akan berlangsung hari ini (3/8).

Sebanyak sembilan provinsi yang masuk babak semi final cabang Fahmil Alquran diantaranya, kafilah Provinsi Aceh, kafilah Jawa Tengah, kafilah Kalimantan Timur. Selanjutnya kafilah Provinsi Banten, Provinsi Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, kemudian  kafilah dari Provinsi Lampung, Provinsi Jambi dan Sulawesi Selatan.

Sembilah regu dari sembilan kafilah Provinsi tersebut akan langsung mengikuti babak semi final pada Rabu ini yang dimulai dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita di Aula Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB.

Dari sembilan provinsi yang mengikuti babak semi final, akan diambil 3 pemenang setiap sesinya yang kemudian masuk babak final yang akan berlangsung Kamis (4/8).

Official Kafilah dari Sulawesi Selatan, Syamsudin optimis wakil dari kafilah Sulawesi Selatan bisa lolos ke babak final berikutnya. Mengingat dari pengalaman babak penyisihan, baik official maupun peserta yang terlibat langsung dalam lomba Fahmil Quran sudah mengetahui dan memahami materi jenis soal yang akan ditanyakan oleh dewan hakim. “Kami akan berusaha kafilah dari Sulsel bisa tampil lebih maksimal di babak semi final nanti,” kata Syamsuddin.

Hal senada juga disampaikan salah seorang peserta lomba Fahmil Quran dari kafilah Sulsel, Furqan Fatah yang menyebut timnya sudah siap menghadapi babak semi final untuk menuju babak final. Furqan mengatakan jika timnya akan memanfaatkan waktu yang cukup mepet tersebut untuk maksimal mempelajari materi soal yang kemungkinan bisa keluar dan ditanyakan oleh dewan hakim. “Mudahan saja, soal yang keluar besok itu, yang kita pelajari dan pahami,” ujarnya.

Pelaksanan lomba untuk cabang Fahmil Quran di MTQ Nasional ke-26 dimulai dari 31 Juli – 2 Agustus atau selama tiga hari untuk babak penyisihan menuju babak semi final. Pada babak semi final, dewan hakim akan mencari tiga provinsi yang selanjutnya masuk di babak final dan sebagai juara untuk cabang Fahmil Quran.

Lomba Menulis Makalah Ilmiah Alqur'an (MMQ)  memasuki babak semi final.

Ada 12 peserta berlomba menjadi terbaik.  Ke-12 peserta ini sudah melewati babak penyisihan  Minggu lalu (31/7).Kemudian penilaia dilakukan dewan hakim pada Senin (1/8) dan babak semi final  berlangsung pada Selasa kemarin (2/8). Babak final akan dilaksanakan langsung pada hari ini (3/8).

Ketua Majelis MMQ Prof Dr H Asep Saeful Muhtadi, MA mengatakn, MMQ diikuti  53 peserta. Selanjutnya yang masuk babak semi final 12 orang. Nantinya yang maju ke babak final 6 orang.''Mereka berebut juara,'' katanya.

Di babak final, peserta akan  mempersentasekan makalah yang telah dibuatnya di depan dewan hakim sebagai kegiatan akhir yang akan menetukan siapa yang akan juara. Yang dinilai nanti mencakup isi, bahasa dan logika.'' Dewan hakim  menilai dan memperhatikan kualitas dari makalah peserta. Yang terbaik akan menjadi juara. Penilaiannya profesional,'' jelasnya.

Salah seorang peserta dari Jawa Tengah (Jateng) Farhan Arif S mengatakan, kalau dirinya yakin bisa lolos ke final. Sebab tema yang diangkat panitia yakni tentang gender sudah dikuasainya. Terlebih mahasiswa Akademi Polisi (Akpol) Semarang  tingkat IV ini merupakan alumni di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Semarang. "Insya Allah saya yakin, saya pasti juara," pungkasnya di sela sela istirahatnya kepada Radar Lombok (luk/cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid