707 Sekolah Ikuti Akreditasi Online

Ilustrasi Akreditasi
Ilustrasi Akreditasi

MATARAM—Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madarasah (BAP-S/M) NTB mencatat, akreditasi online yang dimulai tahun ini sudah diikuti oleh 707 sekolah  di NTB. Proses akreditasi yang sudah sampai termin kedua itu berjalan dengan mulus tanpa ada kendala jaringan.

Ketua BAP-S/M Suyanto mengatakan, saat awal dicetuskan akreditasi online, kendalanya adalah masalah jaringan. Mengingat setiap sekolah tidak semuanya memiliki jaringan yang kuat untuk mengakses dan memproses jenis sistem akreditasi tersebut.

“Dulu memang sempat terkendala jaringan, tapi sekarang semuanya sudah tidak ada masalah lagi,” katanya, Selasa (1/8).

Pada termin pertama yang dimulai beberapa bulan lalu lanjutnya, persentase jumlah sekolah yang mengikuti akreditasi online tersebut sebanyak 70 persen. Kemudian dilanjutkan dengan termin kedua terdapat 30 persen. Praktis, untuk tahapan termin kedua sudah mendapat 100 persen atau sebanyak 707 sekolah.

Adapun untuk termin selanjutnya, akan masih terus diproses hingga semua sekolah yang jumlahnya ribuan itu dapat memasukkan data akreditasinya melalui online. Sementara ini sambungnya, yang masih ditunggu pihaknya adalah wilayah Kabupaten Bima. Di daerah ini disebutnya untuk jenjang SMP hingga SMA masih ditunggu proses akreditasnya.

Terpisah, Kepala MAN 2 Mataram, H. Lalu Syauki MS mengatakan, pihaknya sudah menjalankan proses akreditasi online. Sejak awal dimunculkannya sistem akreditasi tersebut, pihaknya mengaku cukup lega karena prosesnya lebih cepat.

“Kita sudah selesai input data akreditasi itu, tinggal melihat hasilnya aja,” tutupnya. (cr-rie)