700 Guru Honor Diperjuangkan Dapat SK Daerah

H Sudenom (Sudir/radar Lombok)

MATARAM—Kalangan guru honor di Kota Mataram yang telah beralih ke provinsi dari tingkat SMA/SMK mendapatkan angin segar. Nasib kalangan guru honorer tersebut sedang diperjuangkan untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) pemerintah daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga (Dikpora) Kota Mataram, H Sudenom MM mengatakan, para guru honorer di Kota Mataram  yang mengabdi di sekolah-sekolah negeri akan dibuatkan SK sebagai guru honor daerah. Sedangkan guru honorer di sekolah swasta disebutnya merupakan tanggung jawab yayasan.

‘’Kita perjuangkan untuk tingkat SMA/SMK,’’ katanya, Selasa kemarin (22/11).

Saat ini, Kota Mataram memiliki 700 guru honorer yang sudah terdata. Dari seluruh jumlah guru honorer ini akan diterbitkan SK-nya paling telat bulan Januari 2017.  Guru yang mendapatkan SK dipastikan guru yang telah ada SK dari sekolah dan akan diteruskan ke Dikpora NTB.

SK yang akan didapatkan ini, jelasnya, bukan hanya menyangkut perhatian pemerintah terkait pengangkatan. Lebih dari itu, sk tersebut bisa diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer. ‘’Paling lambat SK tersebut bisa diterbitkan pada awal Januari, setelah ada Peraturan Wali Kota (Perwal),’’ ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Komisi IV DPRD Kota Mataram, Herman mengatakan,  keberadaan guru honorer setingkat SMA/SMK sejak peralihan perlu diperjelas. Ia berharap, Pemerintah Provinsi NTB untuk mengakomodir mereka serta gaji disesuaikan dengan aturan yang ada.

Politisi Gerindra ini menilai, selama ini banyak kalangan guru yang gajinya masih dibawah standar. Ia berharap, dengan peralihan para guru dapat lebih sejahtra. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid