7 Ribu Mantan Pelajar SMA/SMK Daftar UN Perbaikan

MATARAM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberi kesempatan bagi siswa SMA dan SMK yang hasil nilai ujian nasional (UN) rendah mengikuti UJian Nasional Perbaikan (UNP) tahun 2016 ini. Sejak dibuka hingga pendaftaran hingga penutupan tanggal 31 Juli 2016, jumlah pendaftar sudah mencapai 7 ribu orang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, H Aidy Furqan mengatakan, saat ini tim di Dinas Dikpora Provinsi NTB masih menunggu data valid jumlah pendaftar yang akan ikut di UNP 2016. “Data awal yang saya dapatkan laporannya itu di NTB sudah ada masuk pendaftar 7 ribu orang. Tapi jumlah itu akan diverifikasi ulang bersama tim dari Kemendikbud RI,” kata Aidy Furqan di Mataram, Selasa (2/8).

Kemendikbud RI, jelasnya, mengundang Dinas Dikpora provinsi se-Indonesia melakukan rapat koordinasi terkait masalah UNP dari tanggal 4-6 Agustus di Jakarta. Termasuk juga dalam Rakor tersebut akan dilakukan verifikasi final jumlah peserta yang pasti ikut UNP.

“Pendaftaran dibuka sejak pengumuman hasil UN sampai tanggal 31 Juli kemarin ditutup,” sebut Aidy.

Dari data masuk untuk sementara, Aidy menyebut sebagian besar pendaftar yang akan mengikuti UNP berasal dari siswa SMA yang nilai mata pelajaran tertentu masih dianggap kurang bagus atau rendah. Hanya saja, Aidy belum bisa menyebut mata pelajaran apa saja yang paling banyak diikuti peserta UNP di Provinsi NTB.

Mengenai pelaksanaan UNP, Aidy memastikan menggunakan computer best test (CBT). Pelaksanaan UNP akan dilaksanakan di setiap kabupaten/kota pada satu sekolah yang memiliki infrastruktur sarana dan parasana komputer dan internet yang lengkap dan memadai.

“Untuk pelaksanan UNP akan digelar dari tanggal 29 Agustus–5 September 2016. Hanya saja jadwal itu bisa berubah tergantung hasil final di rakor besok di Jakarta ini,” ujarnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid