7 Diamankan, Hanya 1 Jadi Tersangka

Hanya 1 Jadi Tersangka
EKSPOSE: Kapolresta Mataram, AKBP Saiful Alam, saat mengekspose DO kepada khalayak yang tersandung kasus narkoba.( Dery Harjan/Radar Lombok)

MATARAM—Masih ingat penggerebekan kasus narkoba di Karang Bagu, Cakranegara? Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan 7 orang, tapi belakangan hanya 1 yang ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolresta Mataram, AKBP Saiful Alam membeberkan, dari 7 orang tersebut hanya 1 yang dijadikan tersangka. Identitas tersangka yakni DO dan berusia 27 tahun.

“Diaii warga Jalan Semangka Lingkungan  Karang Bagu RT/RW 001/170, Kelurahan  Karang Taliwang, Kecamatan  Cakranegara,” ucapnya, Kamis (7/11).

Do ditetapkan sebagai tersangka lantaran saat penggerebekan barang bukti berada dalam penguasaannya. Di lain sisi, yang bersangkutan diketahui aktif mengkonsumsi narkoba sejak 9 tahun lalu. Di tangannya saat itu diamankan sebanyak 1,80 gram sabu.

Dijelaskannya, pelaku ini kesehariannya sering berada di TKP. Hasil pemeriksaan terugkap bahwa tersangka ini merupakan pengguna narkoba sejak cukup lama.

Karena perbuatannya, DO dijerat pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ia juga diberatkan dengan pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu terkait 6 orang lainnya yang diamankan saat penggerebekan 5 diantaranya memang dinyatakan positif mengonsumsi narkotika. Hanya saja mereka direhabilitasi karena tidak ditemukan barang bukti padanya.

“Satu orang dipulangkan karena tidak terbukti terlibat,”jelasnya.

Kasat Resnarkoba Polresta Mataram, AKP Kadek Budi Astawa menambahkan, keberhasilan pengungkapan ini  berkat adanya informasi masyarakat. Sebelum penggerbekan, ada warga yang melaporkan sedang berlangsung pesta narkoba.

“Guna memastiakn hal itu kami turunkan tim melakukan observasi. Begitu informasinya valid langsung kami grebek,” ungkapnya.

Saat penggerebekan, pemilik rumah yang berinisial NU mengetahui kedatangan petugas. Ia pun langsung melarikan diri. Petugas telah berusaha mengejarnya namun NU tak berhasil ditangkap.

Petugas kemudian kembali ke TKP dan melakukan penggeledahan di rumah dan ditemukan 1 buah plastik klip bening berupa sabu. Barang itu seberat brutto 0,34 gram di atas meja kompor gas. (der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid