7.635 Orang Mendaftar Jalur Tes Mandiri Unram

Ruspan (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Mataram (Unram) melalui jalur seleksi tes Mandiri resmi ditutup pada tanggal 18 Juni 2021. Adapun jumlah pendaftar calon mahasiswa baru (Maba) Unram melalui seleksi jalur Mandiri sebanyak 7.635 orang. Pelaksanaan pendafataran dillaksanakan secara online mulai tanggal  3 – 18 Juni  2021 melalui laman http://pmb.unram.ac.id.

“Semua proses sudah dilakukan mulai dari pendaftaran, kemudian nanti menunggu ujian UTBK,” kata Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Unram Ruspan kepada Radar Lombok, Rabu (23/6).

Ruspan menyebut, jumlah yang telah mendaftar melalui jalur seleksi tes Mandiri sebanyak 7.635 orang. Setelah itu, nanti mereka melakukan ujian tes UTBK Mandiri tanggal 5-11 Juli 2021 dan untuk pengumuman tanggal 19 Juli mendatang. Dalam seleksi ujian ini dilakukan dengan dua sesi, yakni sesi pagi dan siang yang dipusatkan di kampus Unram sendiri.

BACA JUGA :  PLN Tak Konsisten Dukung Pelaksanaan UNBK

“Nanti 2 sesi saat seleksi UTBK tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Unram Dwi Siswanto menambahkan kuota untuk penerimaan mahasiswabaru melalui jalur Mandiri Unram sebesar 30 persen dari jumlah total daya tampung. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) ini menggunakan tiga jalur.

“Jalur tesebut ada SNMPTN, SBMPTN yang diseleksi langsung oleh LTMPT dan jalur tes Mandiri langsung dari panitia Unram,” kata Dwi Siswanto.

Disebutkan, kalau untuk SNMPTN maupun SBMPTN sudah pengumuman. Untuk jalur SNMPTN yang diterima di Unram sebanyak 1.433 orang, sedangkan untuk SBMPTN ada 3.041 orang yang dinyatakan lulus. Kemudian saat ini proses pendaftaran ulang. Bisa saja nanti ada peserta yang dinyatakan lulus ini tidak mendaftar ulang. Namun nanti akan langsung bisa terdaftar di jalur Mandiri. Adapun kuota yang diterima melalui tes Mandiri sekitar 2.963 orang.

BACA JUGA :  Disiplin Siswa SMPN 1 Sakti Terus Digenjot

“Jadi jumlah total mahasiswa baru yang akan diterima melalui tiga jalur di Unram tahun akademik 2021/2022 ini ada sekitar 7000 lebih ,” sebutnya.

Unram mempunyai 9 Fakultas, terdiri dari 38 Program Studi pada jenjang SI yang ditawarkan pada jalur Mandiri. Sedangkan pada jenjang Diploma III Unram ada empat program studi, kemudian untuk program vokasi yang ada di Kabupaten Lombok Utara ada dua program studi dan di Kabupaten Bima, Vokasi ada tiga program studi. Selanjutnya, Unram juga membuka S2 yang terdiri dari 13 Prodi dan S3, 1 prodi.

“Kita berharap pelaksanaan jalur Mandiri berjalan lancar tanpa ada kendala,” harapnya. (adi)