63.000 Penonton MotoGP Akan Padati Sirkuit Mandalika pada Hari Terakhir Balapan

Lonjakan kendaraan penonton MotoGP bergerak menuju area Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3/2022). (FAISAL/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika diprediksi akan semakin membeludak pada puncak race MotoGP, Minggu (20/3/2022).

Berdasarkan tiket yang terjual, setidaknya ada 63.000 lebih penonton yang akan hadir. “Besok akan dihadiri oleh 63.000 lebih. Hari ini belum maksimal karena penonton sebagian mulai berdatangan nanti malam dan besok,” ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, Sabtu (19/3/2022).

Untuk itu, guna mengantisipasi antrean dan kemacetan panjang di jalan masuk Sirkuit Mandalika, maka pihaknya meminta bantuan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas dan lainnya untuk menyiasati agar arus lalu lintas berjalan lancar. “Besok jalanannya akan penuh dan antrean panjang. Semoga bisa disiasati agar semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Baca Juga :  Crash Pembalap Diklaim Bukan Faktor Sirkuit Mandalika

Sementara itu, dua helikopter milik Basarnas, HR-3606 dan HR-3604 disiapkan di Helipad Medical Center Sirkuit Mandalika.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnar, Agus Haryono mengatakan bahwa pihaknya mendatangkan dua helikopter ini dalam rangka mendukung penyelenggaraan event MotoGP. “Helikopter ini kami gunakan untuk antisipasi jika ada pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara,” ungkap Agus.

Baca Juga :  Miliki Sabu, Empat Warga Mandalika Ditangkap di Kos-kosan

Nantinya pembalap yang mengalami kecelakaan tersebut akan dievakuasi dari sirkuit menggunakan ambulans. Selanjunya, jika kondisinya kritis atau membutuhkan penanganan khusus akan dievakuasi melalui udara menggunakan helikopter menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.  “Hanya memerlukan sekitar 11 menit untuk sampai di Rumah Sakit Umum Provinsi NTB dari Sirkuit Mandalika,” akunya. (der)

Komentar Anda