60 Peserta Rebut 5 Kursi Baznas Loteng

Baznas loteng
TES: Para peserta yang memperebutkan kursi Baznas sedang mengikuti tes psikologi. (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Sebanyak 60 peserta mengikuti tes psikologi untuk bisa masuk dalam kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Tengah, Minggu (7/5).

Ketua panitia seleksi Abdul Hakim saat dikonfirmasi Radar Lombok (07/05) mengatakan, hari ini calon anggota Baznas sedang adu kemampuan. Mereka akan memperebutkan 5 kursi yang masih lowong. “Sekitar 60 peserta sedang mengikuti tes masuk keanggotaan Baznas. Dari 60 peserta ini akan memperbutkan 5 kursi yang saat ini masih lowong,” katanya.

Lima kursi atau jabatan tersebut di antara sebagai kepala bidang perencanaan keuangan dan pelaporan, jabatan administrasi dan sumber daya manusia (SDM), jabatan programer atau yang berhubungan dengan IT, jabatan akunting juga yang berhubungan dengan keuangan dan yang terakhir adalah jabatan pemberdayaan masyarakat. “Lima kursi jabatan ini memiliki peran penting dalam mengembangkan kinerja Baznas, makanya kita buka pendaftaran biar secepatnya terisi,” jelasnya.

Kata Hakim, tes ini dilakukan sehari. Tahap selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh tim penguji selama 5 hari kedepan. Pekan depan, tim penguji akan mengumumkan nama yang masuk dalam 10 besar. Mereka kemudian akan mengikuti tes wawancara, tes akeahlian sesuai bidang yang diambil masing-masing peserta. “Jadi setelah ini akan ada tes lagi untuk 10 besar,” sebutnya.

Menurutnya, tes selanjutnya perlu dilakukan untuk menentukan siapa yang terbaik dari peserta yang masuk 10 besar. Karena nilai tes tulis mereka perlu dibarengi dengan nilai tes bidang lainnya sesuai keahlian bidang mereka.  “Jadi ini kami lakukan guna memantapkan keahlian mereka baik dalam tes tulis ataupun tes keahlian,” ujarnya.

Bagi mereka yang lulus, nantinya akan dipekerjakan selama satu tahun. Jika dalam satu tahun ini dari 5 orang yang dinilai lulus, memiliki track record yang baik dan layak dipertahankan. Maka, nanti mereka akan menjadi keanggotaan tetap dan seterusnya. “Mungkin kita bisa istilahkan mereka akan magang dulu selama satu tahun, dan mereka bisa dipertahankan jika memiliki track record yang baik,” akunya.

Ditambahkan, sebenarnya jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 115 orang. Setelah dilakukan verifikasi administrasi, yang dinyatakan lulus sebanyak 61 orang. Namun, 1 orang dinyatakan keluar karena sampai tes dimulai, peserta tersebut tidak kunjung datang. ‘’Dan kami dari panitia menganggap peserta tersebut mengundurkan diri,” tutupnya. (cr-ap)