55 Persen Peserta SKD CPNS di Kota Mataram Lolos Passing Grade

CPNS: 55 persen peserta SKD CPNS Kota Mataram tahun 2021 berhasil lolos passing grade. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kota Mataram tahun 2021 berakhir pekan lalu. Hasilnya juga cukup memuaskan. Karena sekitar 55 persen dari total 2.350 peserta SKD. Nilainya berhasil lolos dari ambang batas (Passing Grade) yang ditentukan.

Namun jumlah peserta yang lolos passing grade ini masih menunggu verifikasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), sehingga belum bisa diumumkan untuk Kota Mataram. “Untuk jumlah berapa peserta yang lolos passing grade kita masih menunggu verifikasi dari BKD. Sebenarnya kita sudah ada datanya tapi harus menungvgu verifikasi dulu. Iya seperti itu (55 persen),” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati di Mataram, kemarin (11/10).

Untuk diketahui, jumlah peserta SKD Kota Mataram tahun ini sebanyak 2.350 orang. Kemudian jika mengacu pada 55 persen peserta yang lulus passing grade. Maka jumlahnya sekitar 1.292 orang. “Tapi kita menunggu keputusan BKN. Setelah itu kita umumkan berapa jumlahnya yang lulus passing grade,” katanya.

BACA JUGA :  Pengangguran di Mataram Mencapai 12 Ribu

Passing grade SKD CPNS tahun ini ditentukan 311 poin. Yakni 65 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Lalu 85 poin untuk Tes Intelegensia Umum (TIU). Serta 166 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). “Nilai Kota Mataram tahun ini tinggi-tinggi,” ungkapnya.

Kendati demikian, tidak seluruh peserta yang memenuhi passing lolos untuk mengikuti tahapan  selanjutnya. Yakni mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Karena nilai peserta yang lolos passing grade nantinya akan dirangking. “Nanti akan dirangking. Yang lolos itu 3x formasi untuk ikut SKB. Sebenarnya sudah dirangking itu hasil real count kita hasil SKD. Tapi tinggal kita menunggu hasil integrasi dari BKN,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Blokir Jalan Terancam Dipenjara

Dengan tingginya nilai peserta SKD Kota Mataram. Dipastikan tahapan selanjutnya akan berjalan seru. Persaingan ketat pun dipastikan akan tersaji. Karena peserta SKB saat SKD rata-rata dengan nilai passing grade di atas 400. “Iya karena nilai passing grade-nya itu di atas 400. Makanya tinggi-tinggi nanti nilainya yang ikut SKB dari Kota Mataram,” terangnya.

Sama halnya waktu pelaksanaan SKB. Kota Mataram dan daerah lainnya masih menunggu pengumuman resmi dari BKN. “Pelaksaan SKB kita masih menunggu. Yang duluan selesai saja belum keluar itu jadwalnya,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Aparatur BKPSDM Kota Mataram, H Ahmad Mujahidin mengatakan, setelah SKD tuntas dilaksanakan. Pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari BKN terkait dengan jumlah peserta yang akan mengikut SKB. “Itu masih kita tunggu,” katanya. (gal)