54 SMA Dapat Bantuan Paket Komputer

Muhammad Fauzan
Muhammad Fauzan.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM –  Sebanyak 54 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) se-NTB mendapat bantuan 1 set paket komputer yang bersumber dari program Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Sarpras) SMA Dinas Dikbud Provinsi NTB, Irwin mengatakan, bantuan 1 set paket komputer yang bersumber dari bantuan DAK pada mingggu sudah diterima oleh sekolah. Bantuan komputer, terdiri dari, server, jaringan  dan printer ini masuk dalam 1 set bantuan

“Bantuan komputer ini nantinya bisa digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020 mendatang,” kata Irwin, kepada Radar Lombok, Sabtu (28/9).

Terpisah Kepala Bidang PSMA, Dinas Dikbud NTB, Muhammad Fauzan menyebut bantuan komputer yang bersumber dari DAK 2019 dibagikan kepada 54 SMA se-NTB. Selain bersumber dari DAK, ada juga Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi untuk meningkatkan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

“Bantuan operasional melalui pengalokasian dana bantuan operasional sekolah afirmasi dan bantuan operasional sekolah kinerja, dan agar pengalokasian dana bantuan operasional sebagaimana dimaksud sesuai dengan tujuan dan sasaran,” kata Fauzan.

Untku penyaluran bantuan tersebut, sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 31 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah.

Terpisah Kepala SMAN 5 Mataram H Arofiq mengaku bersyukur mendapat bantuan komputer. Sebab tahun sebelumnya pelaksanaan UNBK sekolah harus menyewa komputer. Namun tahun ini tidak, karena mendapat bantuan komputer dari pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, SMAN 5 Mataram kembali mendapatkan bantuan 1 set komputer,” ujarnya. (adi)