5 Ton Tembakau Ludes Terbakar, Warga Tolak Semprotan Air Mobil Pemadam

Kebakaran oven di Dusun Tanak Awu, Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah. (IST/RADAR LOMBOK)

PRAYA–Oven tembakau milik Amaq Dedi, 50 tahun, warga Dusun Tanak Awu, Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah ludes terbakar pada Sabtu 20 Agustus 2022 sekitar pukul 20.30 WITA.

Mendapatkan laporan tersebut anggota Polsek Praya Timur langsung menghubungi unit pemadam kebakaran Kabupaten Lombok Tengah serta turun ke TKP.

Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum menyampaikan bahwa pada saat kejadian korban sedang berada di sekitar oven bersama Amaq Nova. Kemudian melihat kepulan asap keluar dari dalam oven dan api sudah mulai membakar tembakau.

Baca Juga :  Terjebak Macet Saat Larikan Motor, Maling Asal Semoyang Ini Nyaris Dihajar

Korban dan Saksi yang melihat hal tersebut langsung berteriak minta tolong sehingga masyarakat berbondong-bondong datang membantu memadamkan api.

“Api dapat dipadamkan dengan alat seadanya,” terang IPTU Sayum.

Sekitar pukul 21.20 WITA, dua unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Lombok Tengah tiba di lokasi untuk memadamkan sisa percikan api.

“Namun pemilik oven menolak untuk dilakukan penyemprotan dengan alasan kerasnya semprotan air dikhawatirkan akan merobohkan tembok oven sehingga dua unit mobil pemadam kebakaran tersebut kembali,” jelas Kapolsek.

Baca Juga :  Begal Sadis yang Kerap Perkosa Korban di Lotim Tertangkap

Dari hasil olah TKP sementara diduga penyebab kebakaran karena adanya daun tembakau yang jatuh ke tungku dan api pun dengan cepat menyambar dan membakar tembakau yang dalam keadaan hampir kering.

Menurut hasil interogasi kepada pemilik oven diperkirakan tembakau yang terbakar tersebut sebanyak 5 ton dan kegiatan pengovenan sudah berlangsung 5 hari.

Akibat kejadian tersebut pemilik oven mengalami kerugian diperkirakan sekitar Rp 50 juta

“Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian tersebut,” tutup Kapolsek. (RL)

Komentar Anda