5 Mei Pengumuman Kelulusan Siswa SMA Secara Online

IJAZAH : Kasi Kurikulum Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB Purni Susanto saat menujuk blanko ijazah yang sudah ada di kantor. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB H Aidy Furqan mengatakan bahwa pengumuman kelulusan siswa SMA akan dilaksanakan serentak di NTB setelah lebaran pada Kamis 5 Mei mendatang. Pengumuman kelulusan siswa SMA sederajat itu tetap mengacu pada kalender pendidikan.

“Kita tetapkan pengumuman kelulusan Kamis 5 Mei 2022, yang bersamaan masih dalam cuti bersama lebaran Idul Fitri,” kata Aidy Furqan.

Dikatakan Aidy dalam pengumuman kelulusan siswa SMA sederajat nanti tidak diperbolehkan melakukan corat-coret seragam sekolah, maupun konvoi kendaraan di jalan raya.

“Kami menunggu hasil dari sekolah untuk kelulusan siswa. Karena semua keputusan terkait kelulusan itu dari sekolah melalui hasil rapat kelulusan di sekolah,” terangnya.

BACA JUGA :  Tiga Sekolah Sepi Peminat, Satu Ditutup

Dipaparkan Aidy, nanti setelah semuanya sudah pasti total jumlah siswa yang lulus, kemudian akan diajukan permintaan penerbitan ijazah. Bukan hanya itu, nanti dalam pengumuman kelulusan ini seperti semula dilakukan dengan sistem online dan malam hari diumumkan. Dikbud NTB akan surati sekolah terkait dengan pengumuan secara online. Surat pengumuman terbatas bahkan malam hari diteruskan dan ini cukup efektif jika ada ditemukan 1 atau 2 siswa melakukan konvoi mudah-mudahan bukan siswa NTB.

Terpisah, Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB Purni Susanto menambahkan blanko ijazah sudah ada di kantor dan saat ini pihaknya melakukan sortir untuk memastikan ijazah tersebut tidak rusak di dalam kardus yang baru diberikan oleh pihak penyedia.

BACA JUGA :  Inovasi Kunci Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

“Setelah kami sortir atau cek baru melakukan penserian, supaya lebih mudah melakukan pelacakan milik siswa. Sehingga 10 tahun gampang dilacak siapa siswa yang memiliki ijazah tersebut,” terangnya.

Selain itu, jika sudah selesai dilakukan penserian, maka langsung didistribusikan ijazah ke sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Dikbud NTB akan mendistribusikan ijazah sesuai dengan jumlah peserta didik yang lulus di sekolah masing-masing.

“Data siswa yang lulus maupun tidak lulus supaya secepatnya diberikan oleh sekolah,” tandasnya. (adi)