4×400 Meter Estafet Sumbang Emas Terakhir di Atletik

BANDUNG – Kontingen NTB kembali menambah satu emas lagi dari cabang olahraga (cabor) atletik nomor lari  4×400 meter estafet Putra di PON Jawa Barat.

Emas dari nomor ini sebagai penutup perolehan medali dari cabor ini. Atletik menyumbangkan  5 medali emas.  Arif Rahman, Abdul Razak, Adrian Yasin dan Ridwan mencatatkan waktu 3,12 menit  di GOR Pekan Sari Cibinong, Bogor, Senin kemarin (26/9).

Dengan catatan waktu itu NTB berhasil  mengamankan medali emas Estapet 4×400  NTB berjaya di tanah legenda.  Tim estafet Jawa Timur meraih medali perak dengan catatan waktu 3,13 menit  disusul Maluku   berhasil meraih perunggu dengan catatan waktu. 3,314  menit.

Abdul Razak mengatakan, dirinya sangat bangga dengan perolehan emas ini karena bisa mengamankan target.’’ Alhamdullah kita bisa mengamankan target di nomor 4×400 meter,’’ ucapnya. Pihaknya berharap agar medali emas bisa diraih oleh cabor yang masuk final untuk mengamankan target 15 medali emas.

Pelatih lari  4×400 meter estafet, Akrin Ibrahim mengatakan, pihaknya terharu dengan penampilan para pelari NTB yang berhasil  meraih medali emas.’’Saya terharu dan bangga melihat atlet di nomor ini bisa menambah pundi-pundi medali, meskipun target tidak terpenuhi,’’ ucapnya.

Selain nomor lari  4×400 meter estafet Putra, cabor atletik juga menyumbangkan medali perunggu di  nomor  tolak peluru. Ni Putu Yogiswari berhasil meraih perunggu dengan tolakan 11,99 meter. Sedangkan yang  emas diraih oleh tuan rumah 14,98 Eka Febri Ekawati dan  perak diraih oleh atlet Jawa Tengah 12,85 meter atas nama Dyah Ayukumala Sari.

Yogiswari  mengatakan,  prestasi ini menjadi kesan tersendiri  karena baru pertamakali tampil di PON dan berhasil mempersembahkan medali perunggu.’’ Saya pertama kali ikut dijang ini, dan berhasil meraih perunggu,’’ ucapnya.

Terpisah Ketua KONI NTB Andy Hadiyanto mengatakan, pihaknya bersyukur dengan  perolehan medali emas dari nomor lari 4×400 meter estafet Putra.  Emas ini menambah perolehan medali bagi NTB. ''Dengan raihan ini tentunya sebagai penyemangat bagi atlet yang lagi berjuang seperti tinju, kempo, boxer dan panjat tebing,’’ tutupnya.(cr-adi)