44.965 Guru Tunggu Sertifikasi

MATARAM—Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB menyebutkan, sedikitnya ada 44.965 guru yang hingga saat ini masih menunggu diserttifikasi. Jumlah ini terdiri dari guru yang bernaung di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

Kepala LPMP NTB, HM Irfan mengatakan, untuk guru yang bernaung di bawah Dikpora tercatat sebanyak 73.761 orang guru yang harus disertifikasi sejak 2006. Namun, yang sudah melalui proses sertifikasi mencapai 28.796.

“Ini artinya sekitar 44.965 guru menunggu nasibnya untuk disertifikasi. Adapun dalam pengangkatan tersebut harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan, sehingga guru guru yang sudah terdaftar bisa disertifikasi,” ungkapnya, Senin (1/8).

Irfan memastikan, guru-guru yang belum disertifikasi ini secepatnya akan dituntaskan. Penuntasan sertifikasi dipastikan berlangsung secara bertahap hingga 2019 mendatang.

Adapun ribuan guru yang sudah terdaftar tersebut harus memenuhi 4 syarat yang telah ditentukan. Syarat yang dimaksud yakni, pertama harus S1, memiliki NUPTK, pernah ikut UKG, serta pendidikan harus linier dan yang tidak kalah pentingnya semua guru harus masuk dalam aplikasi data pendidikan.

Pihaknya menegaskan, syarat yang diberlakukan diakuinya cukup ketat dibanding tahun yang sudah lewat. Namun diberlakukannya syarat itu demi menjamin mutu pendidikan kedepan. Dipastikan, guru-guru yang akan disertifikasi yakni, mereka yang belum terdata terhitung dari 2006 ke bawah. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid