400 Personel Polisi akan Amankan Debat Cabup Lombok Timur

Kompol Syafruddin
Kompol Syafruddin (M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG – Polres Lombok Timur  memegang kendali penuh untuk  pengamanan debat calon Bupati dan Wakil Bupati Lotim yang akan digelar  pada Rabu (18/4) sekitar pukul 20.00 Wita hari ini. Debat akan berlangsung di di aula kantor Bupati Lotim di Selong.

Sebanyak 400 personel dari berbagai satuan akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Sistem pengamanan menggunakan tiga lapis mulai dari ring satu hingga tiga. Selain itu juga kepolisian akan menempatkan alat pendeteksi di pintu utama masuk ruang debat. Nantinya para peserta dan simpatisan calon akan melalui proses pemeriksaan. “Berkaitan dengan debat calon. Semua pihak terkait telah kita undang,” kata Kabag Ops Polres Lotim Kompol Syafruddin, Selasa (17/4).

Selain dari kepolisian,  pengamanan juga dilakukan oleh Pol PP termasuk Kodim 1615/ Lotim. Namun  dia belum mengetahui secara pasti berapa jumlah  petugas pengamanan yang akan dikerahkan oleh dua instansi tersebut.  “Makanya kami akan berkoordinasi dengan Pol PP dan TNI berapa  jumlah petugas yang akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Yang jelas dari kita 400 personel,” sebutnya.

Titik-titik yang akan diamankan akan disesuaikan juga dengan arahan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).  Termasuk juga menentukan siapa saja yang diperbolehkan masuk ke dalam ruang debat. Sedangkan  simpatisan masing-masing pasangan calon juga akan ditentukan oleh KPUD berapa jumlah yang diperbolehkan masuk.  Mereka nantinya akan diberikan tanda pengenal.” KPU hanya menyiapkan tempat.  Sedangkan tugas kita menentukan jumlah personil dan dimana saja kita akan tepat. Untuk pengamanan sendiri kita bagi menjadi tiga ring. Ring satu di lokasi kegiatan, ring dua di lantai satu dan lantai dua kantor bupati dan ring tiga di jalan,” tutupnya.