398 CJH Lobar Berangkat Tahun Ini

GIRI MENANG – Sebanyak 398 Calon Jamaah Haji (CJH) Lombok Barat yang telah terdaftar melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Mereka berangkat tahun ini. Mereka tergabung dalam kloter tiga yang berangkat tanggal 26 Agustus mendatang. Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Barat terus meningkatkan pembinaan kepada para calon agar ibadah mereka nanti mabrur. “Pada tahun ini ada 398 CJH yang berangkat. Semuanya sudah melunasi BPIH dan tidak ada yang tidak melunasi. Dan kami pun terus melakukan pembinaan baik di tingkat kecamatan, kabupaten,” terang Kepala Kemenag Lombok Barat H. Muslim kepada Radar Lombok, Selasa (19/7).

Jamaah yang akan berangkat tahun ini rata-rata berusia 40-50 tahun. Sedangkan yang lanjut usia hanya beberapa orang. Mereka mendaftar sejak tahun 2009. Bagi jamaah lanjut usia, akan dilakukan pendamping dengan melihat keluarga jamaah bersangkutan. “ Kalau lanjut usia, kami melihat mana keluarga jamaah bersangkutan  untuk melakukan pendampingan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Koperasi Tambang di Sekotong akan Dievaluasi

Pihaknya juga telah mengecek kesehatan para calon. Hasilnya semuanya dalam keadaan bisa berangkat. Apabila nanti ditemukan gangguan kesehatan, pemberangkatan mereka ditunda. Kloter dua dan tiga akan masuk Asrama Haji pada tanggal 25 Agustus. Baru tanggal 27 Agustus berangkat ke tanah suci.

Semua CJH diakui dalam keadaan sehat. Mereka mengikuti anjuran untuk selalu menjaga kesehatan sebelum berangkat. Yang perlu ditekankan kepada CJH, jangan sampai kartu identitas mereka hilang. Karena itu merupakan penanda bahwa mereka jamaah haji asal Lombok Barat. “Melihat cuaca di Makkah lebih panas, maka para jamaah disarankan memperbanyak minum air putih dan makan buah-buahan,” pungkasnya.(flo)