375 Peserta CPNS Pemprov NTB Lulus

REKAP: Rekap jumlah peserta yang lolos seleksi CPNS. (ist for radarlombok.co.id)

MATARAM-Pengumuman hasil rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB diumumkan Jumat (30/10/2020).

“Besok (Jumat) pengumumannya. Bisa diakses juga melalui situs resmi BKD Provinsi NTB. Jika malam ini ditandatangani oleh Pak Sekda maka besok sekitar jam 08.00 pagi peserta sudah bisa dicek pengumumannya. Tapi  paling lambat sebelum jam 12.00 siang sudah bisa dicek jika malam ini tidak ditandatangani,”ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, H Muhammad Nasir saat dikomfirmasi radarlombok.co.id, Kamis (29/10/2020).

Hasil pengumuman CPNS belum ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB. Lampiran peserta yang lulus baru  dikirim ke BKD.

Nasir juga menyampaikan, dari 414 formasi CNPS Pemprov NTB yang terisi sebanyak 375 orang. Jadi ada 39 formasi yang tidak terisi mengingat ada peserta yang tidak lolos passing grade serta tidak ada pelamar. “Mohon maaf saya nggak bisa rincikan secara rinci untuk formasinya. Tapi formasi kita 414 formasi. Yang terisi 375 formasi. Jadi yang kosong itu kemarin yang tidak lolos passing grade dan tidak ada pelamar. Jadi yang lulus hanya 375 orang,”ucapnya.

Sementara dari tiga jenis jabatan, untuk tenaga guru ada 234 formasi dengan jumlah peserta 518 orang. Yang hadir Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 501 orang. Tidak hadir 17 orang, tidak lulus 279 orang dan yang lulus 222 orang. Formasi yang tidak terisi sebanyak 12 formasi.

Kemudian, tenaga kesehatan jumlah formasi 101. Dengan Jumlah peserta sebanyak 200 orang, yang hadir SKB 197 orang, tidak hadir tiga orang dan yang lulus sebanyak 74 orang. Formasi yang tidak terisi 27 formasi. Selanjutnya, tenaga teknis jumlah formasi 79. Dengan jumlah peserta sebanyak 224 orang yang hadir SKB 219 orang, tidak hadir lima orang dan yang lulus 75 orang. Formasi terisi semua.

Mengenai formasi yang tidak tersisi, lanjut Nasir, maka pihaknyan akan melakukan analisa yang kemudian nanti diusulkan kembali pada saat pemukaan pendaftaran CPNS. “Oya kita tetap nanti buatkan analisa dulu. Buat analisa kebutuhan, jadi kita konversi. Nanti kita usulkan kembali posisi-posisi (formasi) itu. Tapi kita berpikir seribu kali mau usul itu soal spesialis yang tidak ada. Karena kalau spesialis mungkin nanti kita konsultasikan ke Pak Gubernur dulu soal spesialis ini hanya dua yang terisi dari 14 yang kita butuhkan,”ujarnya.

Ia juga sudah meminta untuk tidak spesialis, tapi dokter umum yang lebih diperbanyak. Kemudian nanti disekolahkan. “Kalau yang mencari (spesialis) kita sulit dapat,”keluhnya.

Nasir juga menegaskan, setelah ada pengumuman, jika ada perserta yang merasa keberatan maka diberikan waktu untuk mengajukan sanggahaan. “Setelah pengumuman besok, mulai tanggal 1 November jika ada peserta yang keberatan. Bisa mengajukan keberatan (sanggahaan) dari tanggal 1 sampai 3 November ke situs resmi panselnas atau portal SSCN,”terangnya.

Ketika ada yang melakukan sanggahaan, sambungnya, maka pihak Panselnas BKN akan diberikan waktu untuk menjawab sanggahaan dari peserta selama empat hari mulai dari tanggal 1-4 November. “Kita di daerah memantau 24 jam jika ada sanggahan-sanggahan apa. Kita sampaikan lagi ke pusat, kita kontrol gitu. Jadi Panselnas yang menjawab semua sanggahan itu,”jelasnya.

Selain itu, kata Nasir juga sampaikan bagi peserta yang dinyatakan lulus, penting untuk pemperhatikan isi dari pengumuman. Mengingat peserta akan mendaftar ulang setelah mengetahui jika lulu. “Jadi di situ (pengumuman) sudah lengkap tercantum syarat-syarat mendaftar ulangnya. Soal peserta tidak akan ketemu sama kami, karena semua by online dan by sistem,”katanya.

Namun pihaknya juga akan melakukan pemantuan melalui situs resmi. Karena jika ada yang kurang,maka akan dipenuhi. Mengingat waktu daftar ulang cukup singkat. “Jadi pendaftaran ulang itu hanya 10 hari, dari tanggal 5 sampai 15 November. Karena kita banyangkan seluruh Indonesia ini, ya mungkin mereka malam bisa daftar,”tutupnya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaDebat Putaran Pertama, Ini Visi Misi Paslon Wali Kota Mataram
Berita berikutnyaPaslon Saling Cecar di Segmen Empat Debat Kandidat