3645 Lulus Administrasi di Seleksi CPNS Loteng,1160 Gigit Jari

LOKASI TES: Inilah yang akan menjadi lokasi tes bagi CPNS di Lombok Tengah, kemarin. (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan  (BKPP) Lombok Tengah telah mengumumkan secara resmi hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021 ini. Dari 4.805 pelamar yang telah mengirimkan berkas atau formulir pendaftaran, ternyata ada 3645 pelamar yang dinyatakan lolos administrasi. Sementara 1160 dinyatakan tidak memenuhi syarat alias gugur.

Kabid Pegadaan Mutasi dan Data ASN BKPP Lombok Tengah, Didik Purwasetyadi, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS telah diumumkan melalui website BKPP. Dari 4805 pelamar yang telah mengirimkan formulir pendaftaran, jumlah pelamar yang memenuhi syarat (MS) 3645 dan pelamar yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 1160 pelamar. “Pelamar untuk CPNS sudah kita umumkan. Yang lulus administrasi cukup banyak dan bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau tidak lulus, mereka diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan. Pengumuman masa sanggahan akan dilakukan pada tanggal 8 Agustus,” ungkap Didik  Purwasetyadi, Rabu (4/8).

Baca Juga :  Melirik Program ‘Si Made’ Polres Loteng

Menurut Didik, 3645 ini adalah khusus bagi pelamar CPNS yang akan memperebutkan kuota umum sebanyak 194. Terdiri dari tenaga kesehatan 34 orang dan bagian teknis 160 orang. Sedangkan untuk pelamar PPPK yang melakukan seleksi itu langsung dari Kementerian Pendidikan. Namun, dari informasi ashboard BKN pendaftar PPPK yang MS itu sebanyak 3773 pelamar. “Untuk PPPK belum ada konfirmasi dari Kemendikbudristek, tapi informasi dari Dashboard Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwa jumlah pendaftar PPPK yang 3773 memenuhi syarat semua. Tapi memang kita khusus untuk CPNS yang kita seleksi administrasi itu,” tegasnya.

Pihaknya menyampaikan, dari semua formasi yang dibuka untuk Lombok Tengah semuanya telah terisi atau telah ada pelamar. Sehingga tidak ada formasi yang kosong seperti di daerah lainnya. Bahkan antusias masyarakat untuk mendaftar memang cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya pelamar dari jalur umum yang akan memperebutkan tiket CPNS yang hanya 194 formasi di luar PPPK. “Kuota formasi CPSN untuk kita termasuk PPPK itu sebanyak 2080 formasi. Dengan rincian formasi guru PPPK sebanyak 1886 dan formasi umum 194 dengan rincian tenaga kesehatan 34 dan tenanga teknis 160. Tapi kita di BKPP hanya untuk pelamar melalui jalur umum. Artinya pelamar itu akan merebut 190 formasi, kalau PPPK langsung kementerian,” terangnya.

Baca Juga :  Banyak Sampah Tercecer di Kota Praya

Dalam kesempatan itu, pihaknya berpesan kepada para pelamar untuk belajar dan mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi selanjutnya. Karena masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui oleh para peserta untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS). “Untuk pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus sampai bulan Oktober. Kita dari segi lokasi tes juga sudah mempersiapkan,” tegasnya. (met)

Komentar Anda