3,5 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik Lebaran ke NTB

Pesawat di BIZAM Lombok yang siap mengangkut penumpang mudik lebaran 2023. (DOK / RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB memperkirakan pergerakan masyarakat yang mudik ke NTB mencapai 3,5 juta orang pada mudik lebaran 2023 mendatang. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu saat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Target pemudik 3,5 juta orang itu Sumbawa dan Lombok pergerakannya. Tidak jauh berbeda dengan orang Lombok yang keluar. Ada peningkatan pergerakan masyarakat, karena tidak ada kewaspadaan serta pembatasan atau rapid,” kata Kepala Dishub Provinsi NTB H Lalu Moh Paozal saat ditemui di Mataram, Senin (27/3).

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di Pelabuhan Penyeberangan maupun Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok, Pemerintah telah menyiapkan sedikitnya tiga skenario perjalanan selama mudik lebaran 2023 nanti.

Skenario pertama, yakni bagi orang yang datang khusus untuk mudik lebaran, biasanya pola perjalanannya akan disiapkan melalui via darat, yakni menggunakan mobil atau bisa juga menggunakan fasilitas laut. Skenario kedua, yaitu mereka yang dengan sengaja meluangkan waktu untuk liburan akan dipersiapkan menggunakan pesawat. Fasilitas transport yang akan disiapkan bagi wisatawan juga betul-betul sesuai standar untuk berwisata. Mulai dari mengecek kesiapan travel, serta moda transfortasi lain OKE.

Baca Juga :  Daihatsu Hadir Ramaikan Pameran IIMS 2023

“Pola perjalanan untuk mudik 2023 ini akan dipetakan masalahnya. Mulai hari ini sudah disisir. Terutama pintu keluar masuk yakni BIZAM Lombok dan Pelabuhan Lembar,” kata Paozal.

Skenario selanjutnya yaitu mengutamakan angkutan yang pembawa logistik terlebih dahulu. Sebab kebiasaan dari sebelumnya permintaan kebutuhan bahan pokok mengalami peningkatan menjelang lebaran. Otomatis pola perjalanan pengangkut logistik tetap diutamakan.

“Menjelang idul fitri angkutan logistik dulu yang diutamakan kemudian H-5 Lebaran logistik yang dibatasi untuk penumpang mudik,” ujarnya.

Termasuk dengan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat yang akan mudik. Pemerintah kata Faozal sedang mengupayakan untuk dilakukan kerjasama dengan Damri dan lainnya. Paling tidak ada dua sampai tiga Bis akan disiapkan untuk mengangkut 100 orang pemudik gratis.

Baca Juga :  Pocari Sweat Kembali Gelar Event Lari Terbesar di Indonesia 2022

Oleh karena itu dalam waktu dekat, Dishub NTB rencananya akan menggelar rapat koordinasi dengan Pengelola Pelabuhan Lembar dan Gili Mas serta BIZAM Lombok.”

Sedang kita panggil hari ini untuk rapat dengan pengelola transport di Bandara, Pelabuhan Lembar dan Gili Mas,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) Lembar Denny F Anggoro mengatakan sampai saat ini belum ada arahan dari Pemerintah terkait adanya kuota untuk mudik gratis dengan menggunakan kapal laut.

“Kami belum ada petunjuk atau arahan dari Pemerintah. Tapi memang setiap tahun tidak ada mudik gratis di Lembar,” singkatnya. (cr-rat)

Komentar Anda