300 Wisatawan Kunjungi IC NTB Setiap Hari

Dampak Pesona Khazanah Ramadan 2018

300 Wisatawan Kunjungi IC NTB
WISATAWAN: Tampak para wisatawan asal Eropa sedang berkunjung ke Menara 99 Islamic Center, dan mengambil foto-foto Kota Mataram dan sekitarnya dari ketinggian. (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Dampak even Pesona Khazanah Ramadhan (PKR) 2018 yang tengah berlangsung sebulan penuh selama bulan Ramadhan di kompleks Masjid Hubbul Wathan Islamic Center (IC) NTB, mampu menyedot perhatian masyarakat dari berbagai pelosok NTB. Tak terkecuali para wisatawan juga banyak berkunjung ke kompleks masjid megah yang berdiri di areal seluas 3,6 hektar, tepat di jantung Ibukota Provinsi NTB, Kota Mataram ini.

“Banyak wisatawan berkunjung ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB setiap hari, khususnya mereka yang hendak naik ke puncak Menara 99. Sehari hampir 300 wisatawan yang datang. Itu diluar kunjungan masyarakat lokal NTB, yang jumlahnya juga tidak kalah banyaknya,” kata Aza, salah satu dari enam pemandu wisata IC NTB, di sela memandu rombongan wisatawan asal Belanda, Minggu (20/5) kemarin.

Menurut Aza, adanya kegiatan PKR 2018, justeru membuat kunjungan wisatawan lokal meningkat drastis. Bahkan sejak operasional ruang tiket Menara 99 di IC NTB mulai di buka pada pukul 10.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita, nyaris tidak ada jeda lift Menara 99 berkapasitas 12 orang turun naik membawa para wisatawan ke puncak Menara 99.

Wisatawan mancanegara yang datang ke IC NTB lanjut Aza, masih didominasi para wisatawan asal Malaysia. Selain itu juga dari Singapura, China, Timur Tengah dan Eropa. “Seperti yang sedang saya pandu sekarang ini, mereka berasal dari negara-negara Eropa, ada yang dari Belanda, Inggris, Norwegia, Belgia, dan lainnya,” papar Aza, seraya menunjuk rombongan tamunya yang sedang mengambil foto-foto di puncak Menara 99 IC.