3 Atlet NTB Wakili Indonesia di SEA Games

3 Atlet NTB Wakili Indonesia di SEA Games
DELEGASI NTB: Salah satu delegasi NTB di SEA games Manila adalah Sapwaturrahman. Ia merupakan satu dari tiga atlet yang mewakili NTB di ajang tersebut. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akhirnya menetapkan atlet yang akan dikirim ke ajang SEA Games, Manila. Total atlet yang disipakan untuk dikirim berjumlah sekitar 35 atlet.

Adapun dari seluruh atlet yang disiapkan itu, hanya tiga atlet atletik NTB yang dilibatkan. Mereka yaitu, Lalu Muhammad Zohri, Sapwaturrahman, dan Andrian.

Zohri dipersiapkan turun di nomor lari 100 meter, 4×100 meter, dan 4×100 meter mixed. Sementara Sapwa hanya difokuskan turun di nomor lompat jauh. Terakhir, Andrian hanya turun di nomor lari 400 meter gawang.

BACA JUGA: Atlet Renang Berhasil Cetak Sejarah Baru untuk NTB

Ketua Pengprov PASI NTB Aryanto Prametu sudah menerima SK PB PASI yang dipersiapkan ke SEA Games. SK dikeluarkan PB PASI pada Selasa (7/5) lalu. Selain tiga atlet itu, ada juga pelatih asal NTB yang masuk dalam skuad atletik nasional.

“Pelatih lompat jauh Arya Yuniawan Purwoko juga masuk di SK itu,” katanya, Senin (12/5).

Atlet sekelas Zohri yang merupakan atlet pendatang baru, ajang tersebut menjadi ajang pertamanya. Dia masuk ke pelatnas pada 2017 silam. Itu sebabnya ajang pertama harus bisa persembahkan yang terbaik.

BACA JUGA: Pesilat NTB Tunggu Jadwal Pra-PON

Aryanto optimis Zohri bisa persembahkan medali emas. Ia menyampaikan hal ini berdasarkan catatan waktu yang direngkuh atlet kelahiran 1 Juli 2000 itu terbaik di Asia Tenggara.

“Saat ini Zohri menjadi pelari tercepat di Asia Tenggara dengan catatan waktu 10,13 detik,” jelasnya.

Begitu juga dengan Sapwaturrahman, lompatan Sapwa sejauh 8,09 meter di Asian Games itu menjadi bukti. Bahwa saat ini Sapwa yang terbaik di level Asia Tenggara. Sedangkan Andrian masih memiliki peluang untuk mempersembahkan medali emas di ajang dua tahunan itu.

Pada Sea Games 2017 lalu, pelari asal Kota Bima itu berhasil meraih medali perunggu. “Mudahan saja, tahun ini bisa sumbangkan medali lagi,” ungkapnya.

Dia berharap, atlet atletik NTB yang turun di SEA Games nanti bisa tampil maksimal. Dengan demikian, para atlet bisa mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid