3.616 Pelamar CPNS Loteng Diumumkan 24 Oktober

Najili
Najili (M. HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA—Ribuan masyarakat Lombok Tengah (Loteng) yang telah menyerahkan berkas lamarannya untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kini berharap cemas menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi yang akan dilakukan secara serentak pada tanggal 24 Oktober mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lombok Tengah, HM Nazili, menjelaskan bahwa pada tanggal 24 Oktober itu seluruh pelamar CPNS di Loteng, akan mengetahui status kelulusan administrasi mereka.

BACA JUGA: Hasil Seleksi Administrasi Pelamar CPNS Kota Mataram Molor

“Karena memang proses verifikasi dokumen administrasi sudah selesai dilakukan. Tinggal kami akan melaksanakan rapat untuk memutuskan pelamar yang menuhi sayarat atau tidak, guna pelaksanaan pengumumannya,” ungkap Najili saat ditemui di Kantor DPRD Lombok Tengah, Senin kemarin (22/10).

Lebih lanjut disampaikan, jumlah berkas pelamar yang masuk dan sudah dilakukan verifikasi berkasnya mencapai 3.616 pelamar. Dari jumlah itu, belum tentu secara keseluruhan bisa lolos semua. Namun bagi mereka yang lulus administrasi, nantinya akan segera diumumkan kapan dan dimana peserta yang lulus bisa mengikuti tahap selanjutnya, yakni tes seleksi kompetensi dasar (SKD). “Karena nanti setelah diumumkan seleksi hasil adminitrasinya, dalam waktu dekat juga akan diumumkan siapa mendapat lokasi tes SKD, serta dimana dan kapan,” jelasnya.

Secara umum pendaftaran seleksi CPNS di wilayah Lombok Tengah terbilang cukup lancar. Jumlah formasi yang direbutkan oleh 3616 pelamar CPNS, termasuk K2, ada sebanyak 481 formasi. Khsusus pelamar dari K2 sebanyak 250 orang, 150 guru dan yang lainnya. “Jumlah formasi yang kami terima tahun ini merupakan porsi formasi terbanyak dibandingkan kabupaten lainnya di Provinsi NTB,” jelasnya.

Untuk tahapan pelaksaan test berikutnya, pihaknya masih belum mengetahui. Tapi jika merujuk pada tanggal dalam tahapan yang dikeluarkan pusat, mestinya akan dilakukan bulan ini juga. Sementara untuk pelaksanaan test sendiri akan dilakasanakan di Mataram untuk keseluruhan, terkecuali untuk Lombok Timur dan Sumbawa.

Selain itu, pihaknya memastikan tidak ada jalur khusus untuk penerimaan CPNS ini. Sehingga pihaknya selalu mengingatkan masyarakat dalam setiap kesempatan, agar tidak percaya dengan janji manis orang yang memberikan informasi yang belum pasti kebenarannya.

BACA JUGA: Hasil Seleksi Administratif CPNS, Ribuan Pelamar Dipastikan tidak Lolos

Pasalnya perekrutan CPNS sering dimampaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. “Kami selalu meminta kepada masyarakat untuk melapor jika ada permasalahan. Namun yang melapor itu mereka tidak mau. Padahal itu untuk membantu mereka juga, agar jangan terus menerus menjadi lahan bagi oknum yang tidak bertanggung jawab, yang memanfaatkan kesempatan perekrutan CPNS ini,” pungkasnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut