3.415 Formasi PPPK Guru SMA/SMK dan SLB di NTB

Nur Ahmad (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB menerima formasi seleksi rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022 sebanyak 3.412, untuk formasi jenjang SMA, SMK maupun SLB se-NTB.

“Kita diberikan jatah untuk tahun 2022 ini. Formasi ini mencukupi kebutuhan guru, nanti tinggal distribusinya. Namun perosesnya masih panjang,” kata Kabid GTK Dikbud NTB Nur Ahmad kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakannya, jika berkaca tahun lalu terkait dengan penempatan terutama dibidang SMK, apalagi banyak yang refocusing jurusan yang sudah ditutup. Kalau dari sisi jumlah sudah tercukupi untuk guru SMK.

“ Guru SMA mendapat formasi sebanyak 1.698 formasi, SMK mendapatkan 1.685 formasi dan SLB sebanyak 29 formasi,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, Muhammad Nasir sesuai surat pengumuman nomor: 810/10638/BKD/2022 tentang jadwal pelaksanaan seleksi rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022 di lingkungan Pemprov NTB. Dimana pendaftaran seleksi untuk semua pelamar. Pengumuman mendapatkan penempatan bagi P1 tanggal 31 Oktober sampai 13 November 2022. Selanjutnya seleksi administrsi berlangsung tanggal 31 Oktober sampai 15 November 2022. Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi untuk P2, P3 dan P Umum tanggal 16-17 November.

“Masih panjang perosesnya mulai dari pendaftaran, masa sanggah, selain itu penilian oleh pengawas, kepala sekolah, guru senior maupun Dikbud NTB dan BKD NTB. Bahkan sampai penempatan sesuai jadwal sampai 31 Maret 2023,” terangnya.

Selain itu, saat ini pihaknya akan membuat tim yang akan memverifikasi calon guru PPPK. Bukan hanya itu, tim yang dibentuk ini untuk penempatan guru P3K yang sudah lolos. Selain itu, untuk tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah ada sinyal untuk diberikan juklak/juknis. Sedangkan untuk tenaga teknis masih menunggu Menpan dan BKN bagaimana pola rekrutmennya.

Baca Juga :  PGRI Minta Kembalikan Ayat TPG dalam RUU Sisdiknas
Baca Juga :  Larangan Bawa HP ke Sekolah Masih Dikaji


Untuk diketahui, Pemprov NTB mendapatkan jatah khusus tenaga guru sebanyak 3.412 orang. Selanjutnya Tenaga kesehatan sebanyak 446 kemudian tenaga teknis sebanyak 4.062 formasi. Hal itu, sesuai Keputusan Menpan-RB Nomor 387 tahun 2022 tanggal 6 September 2022 tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Pemprov NTB tahun 2022. (adi)

Komentar Anda