280 Orang Terdampak Kebakaran Baturotok Sumbawa

HANGUS : Ratusan rumah warga di di Desa Baturotok Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB hangus terbakar pada pukul 16.10 Wita, Sabtu (7/10/2020). (ist)

SUMBAWA–Sebanyak 280 jiwa terdampak akibat kebakaran rumah warga di Desa Baturotok Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB yang terjadi pada pukul 16.10 Wita, Sabtu (7/10/2020).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, Ir. I Gusti Bagus Sugihartha mengatakan, ada 91 kepala keluarga (KK) dengan 280 jiwa yang terdampak kebakaran ini. Hingga saat ini, lanjutnya, masyarakat masih membersihkan puing-puing sisa kebakaran dibantu oleh personel baik dari jajaran BPBD, TNI, Polri dan maupun unsur lainnya.

Sugihartha menegaskan, bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, dan tidak ada fasilitas umum di sekitar lokasi yang ikut terbakar, hanya rumah warga saja setidaknya ada sekitar seratus unit. “Tidak ada korban jiwa. Tidak ada laporan kerusakan fasilitas umum,”tegasnya.

Kebakaran dipicu meledaknya aki di salah satu rumah warga. Api lalu membakar rumah. Kebakaran meluas ke rumah warga lainnya. Api yang semakin membasar membuat warga kesulitan memadamkannya. Apalagi sebagian rumah warga merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu. Kebakaran menghanguskan rumah warga  di Dusun Baturotok 1, RT/RW ,01/01, RT/RW 02/01, RT/RW 03/02.

Pihaknya telah mendistribusikan logistik kelokasi kejadian, berupa paket sandang 25 paket, family kit 10 paket, Kids Ware 10 paket, paket kebersiahan keluarga 10 paket, terpal 300 lembar, selimut 300 lembar, matras 50 lembar, celana dalam 144 pcs, pembalut 94 bungkus dan baju SMA 36 pcs. “Logistik ini dari BPBD, belum termasuk Dinas sosial dan bantuan dari Kab. Sumbawa. Juga belum termasuk bantuan TNI, Polri dan masyarakat,”terangnya.

Sebelumnya, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah langsung respon cepat atas kejadian musibah kebakaran yang melanda masyarakat, seraya menyerukan kesigapan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam menangani musibah ini. “Innalillahi Wainnailaihi Rojiuun, Semoga saudara kita di Baturotok diberi kekuatan menghadapi musibah ini,” ucapnya.

Gubernur langsung memerintahkan OPD terkait bergerak untuk memberikan bantuan.
“Insya Allah pemda provinsi sudah berkordinasi dengan pemda kabupaten Sumbawa utk segera mengirimkan bantuan. Koordinasi dan komunikasi dinas sosial dan BPBD terus dilakukan,” katanya.

Senada juga ditegaskan, Pjs Bupati Sumbawa Zainal Abidin yang langsung meminta dinas terkait untuk menyiapkan bantuan yang akan dikirimkan. “Besok pagi kami segera berangkat ke lokasi,”ungkapnya.

Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB juga langsung turun tangan dengan mengirimkan logistik kelokasi kejadian seperti, 250 lembar terpal, 250 lembar selimut, 20 kotak peralatan keluarga, 20 kotak perlengkapan kebersihan, 20 lembar tikar dan 50 paket paket. Jumlah logistik tersebut akan menyesuaikan jika sudah mendapat laporan resmi di lapangan berkaitan jumlah yang terdampak kebakaran. (sal)