254 Siswa SMA/MA Tidak Ikut UNBK

UNBK
UJIAN NASIONAL : Siswa SMAN 3 Mataram saat melaksanakan UNBK, Senin (8/4). (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM Ketua Panitia Ujian Nasional Tingkat Provinsi NTB Dr H Aidy Furqan mengaku sampai Senin (8/4) siswa SMA/MA yang tidak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 254 siswa.

“Siswa SMA/MA yang tidak hadir UNBK itu tidak benar sampai 1.000- an orang,” kata Aidy Furqan, Senin kemarin (8/4).

Aidy memastikan jika memang tidak benar dan jumlah seribuan siswa yang tidak hadir di UNBK SMA/MA. Data 1.210 siswa itu, semestinya tidak menghitung per jam, misalnya tidak hadir 1 orang 4 mata pelajaran (mapel), padahal hanya 1 orang saja bukan 4 orang.

BACA JUGA: Siswa Bolos Dihukum Lari Keliling Pendopo

“Data dari  koordinator pengawas itu keliru menjumlahkan jam mapel yang di UNBK,” kata Aidy.

Selain itu, untuk hari ini belum diterima sebab masih proses UNBK berlangsung. Kendati demikian, bagi yang tidak mengikuti UNBK ada ujian susulan berlangsung tanggal 15-16 April. Data siswa SMK se-NTB yang tidak mengikuti UNBK juga hanya 179 siswa. Ini juga akan diberikan kesempatan untuk ujian susulan bersamaan dengan SMA/MA.

Terpisah Kepala Seksi Kurikulum SMAN 3 Mataram Faizin mengatakan, ini hari trakhir mengikuti UNBK dan tercatat ada 603 siswa selalu hadir pelaksanaan UNBK dari hari pertama sampai terakhir. Pasalnya, jauh sebelumnya menekankan agar setiap melaksanakan UNBK maupun USBN semua harus hadir. Bahkan orang tua siswa juga di surati langsung.

“Siswa kita yang UNBK 603 ini semuanya hadir tanpa ada kendala,” sebutnya.

Sebelumnya, Koordinator UN tingkat Provinsi NTB Susanto mencatat ada 1.210 siswa SMA dan MA, baik negeri maupun swasta se-NTB tidak mengikuti UNBK di hari pertama. Ketidakhadiran 1.210 siswa tersebut untuk mengikuti UNBK pada hari pertama, karena berbagai alasan

“Siswa yang tidak hadir ikut UNBK di hari pertama, karena alasan kawin, sakit dan ada yang tanpa keterangan,” kata Koordinator UN tingkat Provinsi NTB Susanto, Kamis (4/4).

BACA JUGA: Perjuangan Turmuzi Menjadi Sarjana Terbaik dari Hasil Jualan Cilok

Berdasarkan data Dikbud NTB jumlah peserta UNBK SMA negeri dan swasta sebanyak 32.253 siswa dan yang hadir dari sebanyak 31.474 siswa, sementara yang tidak hadir sebanyak 779 siswa. Sementara itu, jumlah total peserta UNBK SMA/ MA negeri dan swasta se NTB, sebanyak 52. 123 siswa, tersebar di 824 satuan pendidikan yang berlangsung 1-4 April dan 8 April.

Susanto menyebut bahwa dari data yang dimiliki, di Kabupaten Bima sebanyak 227 siswa yang tidak mengikuti UNBK dihari pertama, Lombok Barat sebanyak 133 siswa, Kabupaten Dompu 132 siswa dan Lombok Tengah sebanyak 122 siswa. Kemudian di tingkat MA, baik negeri maupun swasta sebanyak 19.870 siswa. Dari jumlah ini yang hadir hanya 19.439 siswa dan tidak hadir sebanyak 431 siswa di hari pertama pelaksanaan UNBK. Kabupaten Lombok Timur paling banyak yang tidak hadir sebanyak 129 siswa, Lombok Tengah 113 siswa dan Dompu sebanyak 67 siswa.

“Jika siswa yang bersangkutan tidak mendaftarkan diri mengikuti ujian susulan secara otomatis siswa tersebut mengundurkan diri,” jelasnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut