24 SD Terpilih Jadi Sekolah Penggerak

PENGGERAK- SDN 2 Pandanduri adalah salah satu Sekolah Penggerak di Lotim. Sebanyak 24 Sekolah Dasar (SD) terpilih sebagai Sekolah Penggerak berdasarkan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum lama ini. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Sebanyak 24 Sekolah Dasar (SD) di Lombok Timur terpilih sebagai Sekolah Penggerak. Hal tersebut berdasarkan hasil seleksi program Sekolah Penggerak yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum lama ini.

Dari 753 SD yang ada di Lotim, baik yang berstatus negeri maupun swasta, 24 SD dinyatakan memenuhi syarat menjadi Sekolah Penggerak. Terdiri dari 20 SD negeri dan empat SD swasta.” Proses seleksi Sekolah Penggerak ini melalui online. Jadi sekolah yang langsung mendaftarkan diri,” kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim, Hadi Jayari, kemarin.

BACA JUGA :  BKD NTB Wacanakan Rakor Bahas GTT KLU

Untuk menunjang berbagai program dan operasional, masing- masing sekolah ini diberikan anggaran sebesar Rp 150 juta melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi. Namun sampai saat ini anggaran BOS Afirmasi tersebut masih belum turun.” Semua sekolah yang terpilih tersebut akan dituntut lebih inovatif dan kreatif. Dengan harapan bisa menularkan keunggulan tersebut ke sekolah lainnya. Terutama dalam pelaksanaan pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup literasi, numerasi dan karakter,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Pemprov Tetap Perhatikan KLU

Program Sekolah Penggerak ini lanjutnya, tak lain sebagai upaya pemerintah pusat dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan  yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Termasuk juga mampu  menghasilkan pelajar  yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman dan berakhlak mulia. (lie)