227 Peserta Latsitarda Akan Terjun di Empat Kecamatan di KLU

Parade peserta Latsitarda Nusantara ke-42 saat bertandang ke Lombok Utara, Sabtu (14/5/2022). (IST/POLRES KLU)

TANJUNG–Peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara sudah tiba di Kabupaten Lombok Utara (KLU) tepatnya di Lapangan Umum Tanjung, Sabtu (14/5/2022).

Peserta melaksanakan parade drum band dengan titik start dari depan Pasar Tanjung dan finish di Lapangan Umum Tanjung.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati KLU Djohan Sjamsu dengan Komandan Upacara Mayor Arm Deby Irawan dan Perwira Upacara Kapten Inf. Zainul Fahri

Sebanyak 227 peserta Latsitarda di KLU ini merupakan Taruna Tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian (Akpol) serta Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Kedatangan peserta disambut Bupati KLU Djohan Sjamsu didampingi Kapolres KLU AKBP I Wayan Sudarmanta.

Bupati atas nama pribadi dan pemda menyambut dengan baik peserta di Gumi Tioq Tata Tunaq, dikatakan program Latsitarda merupakan wujud nyata untuk menumbuhkembangangkan serta mengimplementasikan TNI-Polri dengan masyarakat.

BACA JUGA :  Panglima TNI Puji NTB Berhasil Turunkan Level PPKM: Jangan Lengah!

“Tantangan yang akan dihadapi oleh taruna, taruni dan mahasiswa ke depannya akan semakin kompleks, dikarenakan perkembangan zaman yang semakin meningkat. Maka dari itu kita harus siap dengan segala hal,” ujarnya

Ia berharap kepada taruna, taruni dan mahasiswa melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, patuhi dan taati peraturan yang berlaku termasuk protokol kesehatan.

“Saya yakin masyarakat Lombok Utara menerima dengan baik. Semoga kita di lindungi Allah SWT,” ungkapnya

“Saya yakin dan percaya dengan sinergitas dari kita semua bisa membangun NKRI yang maju dan saya ucapkan selamat bekerja, Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Bupati mengakhiri sambutannya

Sementara itu, Kapolres KLU AKBP I Wayan Sudarmanta mengatakan Latsitarda merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh Taruna tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian serta IPDN sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia

BACA JUGA :  Kapolri dan Panglima TNI ke NTB, Optimis World Superbike Mandalika Sukses

“Kita akan mengawal selama kegiatan Latsitarda 2022 yang akan dilaksanakan di wilayah hukum Polres Lombok Utara,” ujar Kapolres.

Kegiatan Latsitarda akan dimulai dari 15 Mei hingga 14 Juni mendatang yang akan dilaksanakan di empat kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung, Gangga, Pemenang dan Bayan.

“Di masing-masing kecamatan, nanti para peserta akan melakukan sejumlah program seperti program pembangunan fisik dan nonfisik,” jelas Kapolres.

Selesai diterima di Lapangan Tanjung, seluruh peserta Latsitarda langsung bergeser menuju kecamatan tempat latihan masing-masing dengan dikawal oleh personel Polres Lombok Utara. (RL)