2 Prenang NTB akan Jalani Seleknas

LATIHAN: Putri Angkie mehngikuti latihan mempersipakan diri menghadapi Seleknas di Bandung, di kolam renang Mayura (CR-ADI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Kabar menggembirakan dating untuk para atlet renang NTB. Tercatat dua perenang daerah ini, Putri Ankie dan Haris Raynor akan memastikan diri ambil bagian dalam Seleksi Atlet Nasional (Seleknas). Seleksi akan diselenggarakan di Universitas Pajajaran Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, tanggal 3-4 September mendatang.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Bimpres) Persatuan renang Seluruh Indonesia (PRSI) NTB, Ahmad Musyofa mengatakan, Seleknas ini sebagai ajang penjaringan tim renang Indonesia kelompok umur. Seleknas ini sekligus dijadikan ajang persiapan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat,17 September mendatang.

‘’Ini kita jadikan sebagai ujicoba untuk persiapan menghadapi kegiatan 4 tahunan itu. Mengingat atlet kita hanya 1 yang bisa mengikuti, yakni Putri Ankie,’’ ucapnya saat dihubungi Radar Lombok, Selasa (30/8).

Musyofa menjelaskan, keikutsertaan kedua atlet renang NTB ini dalam seleknas berdasarkan undangan dari tim pencari bakat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan Sekolah Renang Ragunan Jakarta. “Tadi malam tim pencari bakat memantau langsung atlet kita latihan di Mayura,’’ terangnya.

Adapun nomor yang akan diikuti oleh kedua atlet ini antara lain, Putri Ankie akan turun di nomor 50 meter gaya bebas, gaya kupu-kupu dan gaya dada. Sedangkan Haris Raynor akan mengikuti nomor 200 meter bebas, 400 meter bebas dan 800 meter. Bagi atlet yang berhasil meraih prestasi terbaik di ajang ini akan masuk Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk persiapan mengikuti kejuaraan renang tingkat ASEAN Oktober 2016.

Terpisah, pelatih PRSI NTB, Djaelani mengatakan, dengan bergabungnya Putri Angkie tentunya menjadi bahan persiapan PON nanti.  Saat ini Ankie memiliki catatan waktu 29 detik. Sedangkan untuk memecah rekor nasional harus 27 detik. (cr-adi)