2.530 Lansia NTB Dapat Program Rehsos Lanjut Usia

Dinsos NTB
BANTUAN : Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul Khalik (pakai peci) menyerahkan secara simboli bantuan kepada Lansia di Lombok Barat, Jum'at (15/5/2020).

1.350 Orang Lansia Juga dapata BST Tahap Pertama

MATARAM – Kepala Dinas Sosial NTB H Ahsanul Khalik menyerahkan secara simbolis bantuan sosial untuk kaum lanjut usia (Lansia) di dua tempat Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU), yaitu LKS-LU Al-Hakim Kuripan Lombok Barat dan LKS-LU Handayani Montong Are, Gerung Lombok Barat, Jumat (15/5).

Ahsanul yang akrab disapa AKA ini mengatakan bahwa bantuan khusus lansia itu merupakan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres-LU) dan untuk NTB mendapat kan bantuan senilai Rp 6.831.000.000 untuk 2.530 orang Lanjut Usia yang tersebar di kabupaten/kota se-NTB, masing-masing Lanjut Usia mendapatkan Rp 2.700.000..

“Bantuan diserahkan melalui perwakilan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) yang dihadiri juga Beberapa orang Lanjut Usia pada Dua LKS-LU yang menjadi lokasi penyerahan bantuan secara simbolis,” ungkapnya.

AKA mengatakan, sasaran penerima bantuan tersebut adalah lansia berusia 60 tahun ke atas yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan bukan penerima PKH serta berada dalam binaan LKS-LU.

Adapun jumlah penerima bansos Progres-LU sebanyak 2.350 orang lansia yang tersebar dalam binaan 71 LKS-LU se NTB, dengan rincian Kota Bima 125, Kab. Bima 210, Kab. Dompu 255, Kab. Sumbawa 30, Kab. Sumbawa Barat 30, Kota Mataram 215, Kab. Lobar 400, Kab. Lombok Utara 90, Kab. Lombok Timur 660 dan Kab. Lombok Tengah 515.

Setiap lansia mendapatkan bantuan senilai Rp 2.700.000 yang diperuntukkan untuk dukungan keluarga dan perawatan sosial, terapi kesehatan serta pemenuhan kebutuhan dasar, yang kesemua komponen ini diatur dan dipenuhi melalui LKS-LU tempat para Lansia bergabung sebagai warga penerima manfaat. “Dana bantuan bersumber dari APBN kementerian Sosial Republik Indoensia,”terangnya.

Disamping melalui Program Rehahilitasi sosial lanjut usia, katanya, ada 1.350 orang Lansia di NTB juga mendapatkan Bantuan Sosial Tunai Tahap Pertama, masing-masing mendapatkan Rp 600.000,- per bulan selama 3 bulan. Ia berharap akan ada tambahan karena secara keseluruhan mengusulkan sebanyak 7.600 orang Lansia.

“Untuk BST ini akan diterima melalui kantor post dan ada pendamping sosial Lansia nantinya yang akan membantu para Lansia utk mendapatkan hak nya tersebut,” ujarnya.

Penyerahan Bantuan disaksikan juga oleh kepala Dinas Sosial Lombok Barat, camat Gerung, dan pejabat terkait dari Dinas Sosial Provinsi NTB dan Dinas sosial Lombok Barat, pada akhir sambutannya AKA berharap agar LKS-LU yang dititipkan amanah untuk mendampingi para lansia dalam memanfaatkan dana bantuan yang diterima sesuai dengan komponen peruntukan yang sudah ditetapkan. (sal)

BACA JUGA :  Giat Mendidik Anak-anak hingga Lansia