18 Ribu Tiket WSBK Terjual

SIRKUIT MANDALIKA: Pihak MGPA selaku pengelola menyatakan kalau Sirkuit Mandalika telah siap menggelar even balap motor dunia, World Superbike (WSBK), yang akan berlangsung 11 – 13 November 2022. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Terhitung 12 hari lagi event balap motor dunia, World Superbike (WSBK) akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, atau tepatnya pada 11-13 November 2022 mendatang. Namun hingga saat ini jumlah tiket WSBK yang terjual baru hanya mencapai 18.500 tiket saja, dari target 50 ribu tiket yang disediakan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, saat dikonfirmasi terkait update perkembangan jumlah tiket yang sudah terjual. “Sampai saat ini tiket (WSBK) yang sudah terjual baru sebanyak 18.500 tiket dari berbagai kelas tiket, seperti tribun, grandstand, VIP Royal Box, dan VIP Deluxe sudah mulai terbeli,” ungkapnya saat ditemui di Mataram, Senin (31/10).

Namun pihak MGPA optimistis sebanyak 50 ribu tiket yang disiapkan itu akan laku terjual sampai menjelang pelaksanaan WSBK Mandalika pada 11 – 13 November mendatang.

Apalagi, kata Andi, sapaan akrabnya, dalam beberapa hari ke depan bakal ada tambahan pembelian tiket dari lembaga atau instansi pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, maupun 10 Pemerintah Kabupaten/Kota, dan juga dari masyarakat umum.

Karena itu, pihaknya akan keliling ke 10 kabupaten/kota di NTB untuk penjualan tiket WSBK Mandalika 2022. “Untuk pembagian tiket yang sudah terjual kita belum membaginya, dan kita masih akan keliling ke berbagai kabupaten/kota. Kita sudah bicara dengan Pak Gubernur, dan juga Pak Sekda. Kita akan keliling ke semua Kabupaten/Kota untuk mempermudah jangkauan masyarakat NTB,” terangnya.

Andi juga menyampaikan bahwa dari target penjualan yang dipasang MGPA sebanyak sekitar 50 ribu tiket. Namun Pemda NTB sendiri menargetkan jumlah penonton WSBK Mandalika kali ini bisa mencapai sekitar 75 ribu sampai 100 ribu penonton.

Baca Juga :  1.475 Tenaga Kerja Lokal Dilibatkan dalam Penyelenggaraan World Superbike

Maka dengan adanya kerja sama antara MGPA dan Pemda NTB, pihaknya akan berusaha maksimal agar gelaran WSBK Mandalika ramai penonton, demi nama baik Mandalika, NTB, dan Indonesia dimata dunia.

“Tadinya target kita sekitar 50 ribu tiket. Tapi kerja sama dengan Pemprov NTB dan kabupaten/kota, mereka pingin sampai 75 ribu sampai 100 ribu penonton. Jadi kita harus berusaha maksimal. Karena ini demi nama baik Mandalika, NTB dan Indonesia,” tegasnya.

Seperti diketahui, khusus untuk warga NTB, harga tiket WSBK Mandalika diberikan diskon 50 persen dari harga normal. Ada 4 kategori tiket WSBK yang diberikan diskon 50 persen, yakni tiket kategori kelas festival, regular grandstand zona C, H dan I, premium grandstand zona A dan B, serta premium grandstand zona J dan K.

Untuk kategori kelas festival, lanjutnya, pada hari ke dua dan ke tiga masing-masing dibandrol seharga Rp57.500 dan Rp115.000. Sedangkan untuk paket weekend pass harganya Rp143.750. Kemudian, kategori regular grandstand zona C, H dan I, harga tiket hari kedua sebesar Rp143.750, hari ketiga Rp287.500, dan weekend pass Rp373.750.

Selanjutnya untuk tiket kategori premium grandstand zona A dan B, harga tiketnya pada hari kedua sebesar Rp287.500, hari ketiga Rp575.000 dan weekend pass Rp747.500. Sementara tiket kategori premium grandstand zona J dan K, harga tiketnya pada hari kedua Rp201.250, hari ketiga Rp402.500. Sedangkan untuk paket weekend pass dijual seharga Rp517.500.

Sementara harga tiket normal sesuai yang dirilis ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebelum ada kebijakan diskon 50 persen khusus bagi masyarakat NTB. Maka untuk tanggal 12 November 2022, harga tiket dibandrol mulai Rp74.750 – Rp373.750, dan untuk tanggal 13 November 2022 dimulai pada harga Rp149.500 – Rp747.500,-.

Baca Juga :  Harga Final Tiket WSBK Mandalika, Termurah Hanya Rp 795 Ribu

Kemudian untuk tiket harian, MGPA juga menyiapkan tiket weekend pass untuk Sabtu dan Minggu pada tiga kategori dengan harga Rp186.875 – Rp971.750. Dan khusus tahun ini, ITDC dan MGPA menyediakan bonus gratis tiket hari pertama pada 11 November 2022 bagi pembeli tiket WSBK untuk semua kategori.

MGPA juga telah nenyiapkan berbagai kategori pilihan tiket dengan variasi harga sesuai dengan lokasi menonton yang terbagi menjadi lima kategori. Yakni General Admission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Premiere Class, dan Deluxe Class.

Lebih lanjut Andi memastikan, bahwa untuk kesiapan dari sisi Sirkuit Mandalika sekarang ini sudah siap untuk menggelar WSBK 2022. Dimana progres pengerjaan track improvement Sirkuit Mandalika sudah mencapai 99 persen. Tinggal dilakukan pengecatan di beberapa bagian lintas Sirkuit Mandalika.

“Kemarin kita melakukan percobaan pertama masuk lintasan, yang diikuti hampir 50 kendaraan sepeda motor dan juga ada 25 mobil. Percobaan itu dihadiri langsung pihak Dromo selaku konsultan yang mendesain permukaan sirkuit, dan PT. PP,” terangnya.

Dari hasil uji coba tersebut, kata Andi, kondisi lintasan Sirkuit Mandalika untuk kali pertama dipakai cukup bagus. Saat pagi, kondisi lintasan masih agak licin, tetapi setelah dilewati kendaraan pada sore kondisinya lebih baik lagi.

“Konsultannya minta setiap hari lintasan Sirkuit Mandalika agar dilewati kendaraan roda 4 dan roda 2, untuk menempelkan karet ban di tikungan-tikungan, dan membersihkan permukaan lintasan. Sejuah ini pihak Dorna cukup puas dengan hasil,” pungkasnya. (sal)

Komentar Anda