16 Siswa SMAN 1 Sembalun Ikuti Olimpiade

SMAN-1-SEMBALUN
PRESTASI : Siswa SMAN 1 Sembalun pose bersama untuk berangkat mengikuti Olimpiade tingkat Kabupaten Lotim. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sebanyak 16 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sembalun mengikuti Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) SMA tingkat kabupaten Lombok Timur (Lotim). Olimpiade saat ini, yang pertamakali diikuti sepajang sejarah berdirinya SMAN 1 Sembalun.

Kepala SMAN 1 Sembalun Sadikin Ali mengaku bangga bisa mengikutsertakan siswanya tampil di olimpiade tahun 2019 ini. Pasalnya, sudah 17 tahun lamanya sekolah ini berdiri, namun tidak pernah mengambil bagian berpartisifasi di olimpiade.

BACA JUGA: Siswa Bolos Dihukum Lari Keliling Pendopo

“Tahun 2019 ini kita mengirim 16 siswa langsung ikut kegiatan olimpiade,” kata Sadikin kepada Radar Lombok, kemarin.

Dikatakannya, olimpiade tahun 2019 ini menjadi catatan sejarah penting untuk SMAN 1 Sembalun. Kendati berada di pinggiran, namun bisa melibatkan siswa bersaing dengan sekolah yang berada di kota, menjadi sebuah kebanggaan. Sebab, selama ini, anggaran untuk melibatkan siswa tampil diberbagai kegiatan cukup besar.

“Tahun ini, kita dorong mereka bersaing dengan siswa lainnya di kota,” ujarnya.

Menurut Ali, meskipun sekolah berada di bawah gunung, namun tidak menyurutkan semangat para siswa untuk menunjukkan prestasinya diberbagai bidang dan yang terpenting dorongan komite sekolah dan semua jajaran guru SMAN 1 Sembalun.

“Kita ingin siswa berprestasi, sebab mereka adalah generasi penerus yang akan merubah wajah sembalun di kemudian hari. Makanya kita bekali dengan pengalaman dan pengetahuan,” jelasnya.

Untuk diketahui, ada 7 mata pelajaran (mapel) yang dilombakan dalam olimpiade ini diantaranya, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Ekonomi dan Geografi.

Baginya, siswa yang mengikuti olimpiade ini mampu menujukkan kualitas terbaiknya dan harus focus, karena dinilai selama ini, siswa yang berada dipinggiran menjadi mimpi mereka untuk berkompetisi diberbagi bidang.

BACA JUGA: NTB Launching Aplikasi SIM SPAB Pendidikan Kebencanaan

Terpisah siswa SMAN 1 Sembalun Siti Amelia Saropah mengaku bangga bisa bersaing di olimpiade, sebab ini yang pertamakali mengikuti olimpiade tingkat kabupaten. Atas kepercayaan yang telah diberikan oleh sekolah, tidak akan disia-siakan agar bisa mewakili Lotim ke tingkat provinsi.

“Terimakasih dukungan kasek dan guru SMAN 1 Sembalun, sebab selama ini, baru kali ini kita tampil untuk ikut olimpiade meskipun sekolah berada di bawah gunung,” ujarnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid