16 Orang Rebutan Jadi Kepala Dinas

H Fathurrahman
H Fathurrahman.( AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK )

MATARAM – Pendaftaran lelang jabatan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), dan Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi NTB, telah ditutup tanggal 18 Desember kemarin. Sebanyak 16 orang mendaftarkan diri untuk berebut posisi Kepala Dinas tersebut. \

Sekretaris Panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi (Pansel JPT) Pratama Pemerintah Provinsi NTB, H Fathurrahman menyampaikan, pendaftaran ditutup sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. “Sudah ada 16 orang yang daftar,” ungkap Fathurrahman saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/12).

Sebanyak 16 orang tersebut, terdiri dari 10 orang mendaftar untuk jabatan Kepala Diskominfotik. Sedangkan jabatan Kepala Dinas Perindustrian diminati 6 orang. Pendaftar pada jabatan Kepala Dinas Perindustrian, yaitu Nuryanti SE, ME yang merupakan istri anggota DPR-RI Suryadi Jaya Purnama (SJP). Jabatan Yanti saat ini adalah Sekretaris Disperin NTB. Nuryanti juga sekaligus pejabat Pelaksana tugas (Plt) pada jabatan yang dilamarnya. 

Pendaftar berikutnya H Muhtadi Hairi, Kepala bidang (Kabid) Industri kreatif sandang dan kerajinan pada Disperin NTB. Kemudian Kabag umum Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Utara (KLU) Moh Muldani, Sekretaris DPMPD Lombok Barat Muktasimbillah. Selanjutnya Drs Muhammad Nasir Kabag di Biro Organisasi Pemprov NTB, H Ahmad Fathoni Kabid di LHK NTB. “Peluang peserta dari kabupaten itu sama saja dengan pejabat Provinsi. Karena dilihat dari kualitas. Kan beberapa pejabat Pemprov saat ini berasal dari kabupaten/kota yang terpilih setelah ikut seleksi,” kata Fathurrahman yang juga Kepala BKD Provinsi NTB. 

Sementara itu, 10 orang pendaftar untuk jabatan Kepala Diskominfotik, yaitu I Gede Putu Aryadi. Pria yang akrab disapa Gede tersebut, juga merupakan pejabat Plt Kepala Diskominfotik. Mengingat, Gede saat ini menduduki posisi sebagai Sekretaris Diskominfotik. Selain Gede, 9 orang pendaftar lainnya yaitu Ir Zainal Abidin yang saat ini menjabat Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB. Kemudian Mahmud, Kabid Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfotik NTB. 

Berikutnya Hairul Anwar Kabag Organisasi KLU, Arifin Kabid Penegakan Perda Satpol-PP NTB, Ahmad Masfu Kepala Diskominfotik Lombok Timur, Lalu Wijaman Kepala Balai Pengawasan Ketenagakerjaan pada Disnakertrans NTB. Pendaftar selanjutnya M Ilham yang saat ini menjadi Kabid di Distanbun Provinsi NTB. Kemudian Dede Suhartini dan Chairy Chalidyanto yang sama-sama pejabat Pemprov NTB. “Pemberkasan faktual kita lakukan. Batas pengumpulan berkas administrasi besok. Yang tidak kumpulkan berkas, otomatis gugur. Sampai hari ini, belum semua sudah. Besok saja kita lihat di hari terakhir,” ujar Fathurrahman. 

Sepanjang lelang jabatan dalam kepemimpinan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), pejabat Plt selalu dipilih menjadi pejabat definitif. Hal yang dikhawatirkan banyak pihak, jabatan Kepala Diskominfotik akan dimenangkan oleh Gede Aryadi selaku Plt. Kemudian Nuryanti akan dijadikan pejabat definitif sebagai Kepala Disperin. Kali ini, Fathurrahman menegaskan bahwa jabatan Plt, tidak bisa menjadi kelebihan peserta. “Plt itu bukan kelebihan dalam lelang jabatan. Dia kan diberikan tugas tambahan saja itu. Plt belum tentu terpilih, karena dalam proses Pansel, peluangnya semua sama,” jelasnya. 

Pansel sendiri akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pada tanggal 21 Desember. Bagi yang lulus administrasi, harus mengikuti tes kompetensi manajerial/psikologi tanggal 22 Desember. Tahapan berikutnya, yaitu penulisan makalah tanggal 23 Desember. Kemudian presentasi dan wawancara tanggal 26-27 Desember. Selanjutnya 30 Desember, Pansel menetapkan hasil seleksi. “Penelusuran rekam jejak juga kita lakukan dalam proses tersebut. Seluruh hasil seleksi akan kita serahkan ke Gubernur tanggal 31 Desember. Kita rencanakan pelantikan tanggal 6 Januari tahun depan,” tutup Fathurrahman. 

Salah seorang pejabat yang layak mengikuti seleksi adalah Yus Harudian Putra. Saat ini Yus menduduki posisi Sekretaris BKD Provinsi NTB. Peluangnya besar untuk terpilih, apalagi golongan pangkat Yus saat ini sudah memenuhi syarat. 

Namun, Yus sendiri tidak ada keinginan untuk daftar menjadi Kepala Diskominfotik maupun Dinas Perindustrian. Dirinya tidak ingin bersaing merebut jabatan seperti Kepala Diskominfotik, yang secara nyata sesuai dengan karakternya. “Saya begini saja sudah,” jawab pria bersahaja tersebut. (zwr) 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid