15 SMP Sederajat Siap UNBK di Kota Mataram

Ilustrasi UNBK

MATARAM—Tercatat hanya  15 sekolah SMP/MTsN di Kota Mataram yang akan menyelenggarakan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Dikbud) Kota Mataram, H Sudenom mengatakan, peserta yang sudah terdaftar yakni 7.727 orang. Ada sebanyak 308 ruang yang akan digunakan dengan jumlah pengawas ujian sebanyak 616 orang.

‘’Sampai saat ini baru 15 sekolah yang siap UNBK. Sementara yang lain ujian dengan sistem UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil),’’ katanya, belum lama ini.

Pihaknya, telah melakukan pemantuan terhadap sekolah yang sudah siap menggelar UNBK. Segala persiapan seperti server, listrik telah diantisipasi. Pihaknya, juga telah bersurat ke PLN untuk tidak melakukan pemadaman  pada jam tertentu.

Dari jumlah sekolah 24 SMPN negeri, sementara yang lainya masih dibawah Kementerian Agama  untuk MTsN dan swasta. Pihaknya, memastikan pelaksanana ujian akan berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Apalagi dengan sistem UNBK, lebih mengutamakan kejujuran bagi kalangan siswa untuk terus mempupuk kejujuran.  ‘’Tidak ada lagi istilah soal bocor, maupun obral soal ujian,’’ katanya.

Sekolah yang tidak menggelar UNBK dikarenakan kurang dana untuk pembelian perangkat maupun server. Sekolah yang belum menerapkan nantinya, akan mempersipakan diri di tahun berikutnya. Seperti tahun lalu, hanya beberapa sekolah saat ini bisa lebih tinggi.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid