15 SMK Tunggu SK Penetapan Menjadi BLUD

  SMKN 3 Mataram yang menjadi salah satu sekolah kejuruan yang diusulkan menjadi BLUD.(DOK / RADAR LOMBOK)

MATARAM – Tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB telah melakukan penilain kepada 15 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diusulkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sebanyak 15 SMK yang telah dinilai tim Pemprov NTB, yakni SMKN 3 Mataram, SMKN 5 Mataram, SMKN 1 Lingsar, SMKN 2 Gerung, SMKN 2 Kuripan, SMKN 1 Praya, dan SMKN 1 Selong dan SMKN 1 Pringgasela. Sedangkan di Pulau Sumbawa yakni SMKN 1 Taliwang, SMKN 1 Buer, SMKN 2 Sumbawa, SMKN 1 Dompu, SMKN 2 Kota Bima, SMKN 3 Kota Bima dan SMKN 1 Donggo. “Insyaallah pekan ini kita putuskan hasil penilaian tim untuk direkomendasikan sebagai BLUD,” kata Tim Pemprov NTB Hj Eva Dewiyani.w

Dikatakan, pihaknya bersama tim penilai yang terdiri dari Asisten II Setda NTB, Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB, Inspektorat NTB, BPKAD NTB dan PSMK Dikbud NTB dilakukan tanggal 18-23 Januari di 15 SMK yang diusulkan oleh Dikbud NTB menjadi BLUD.

BACA JUGA :  Dikbud NTB Arahkan Kepsek Ikut Nonton Balap Motor MXGP Samota

Menurut Eva bahwa dari 15 SMK yang dinilai ini tidak semuanya disetujui tergantung dari hasil tim penilai. Ada beberapa item yang dilakukan penialian, diantaranya administrasi, SDM, mitra kerja sama dan beberapa poin lainnya. Untuk administrasi di 15 SMK sebagai indikator yang tertuang dalam Permendagri 79 tahun 2018, 100% sudah memenuhi syarat. Namun dari sisi kesiapan di lapangan ada penilain juga dari tim yang akan difinalkan dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA :  Dua SMK Belum Siap Menjadi BLUD

Sebelumya, Kepala SMKN 5 Mataram H Istiqlal mengatakan, tim Pemprov NTB sudah turun mulai dari di SMKN 3 Mataram dan SMKN 5 Mataram. “Alhamdulillah, kami di SMKN 5 Mataram sudah diperiksa semua dokumen pendukung, termasuk memeriksa fasilitas,’ katanya.

Menurutnya, saat penilian tim dari Pemprov NTB, ada beberapa yang harus diperbaiki terutama dokumen. Artinya, ini baru tentu masih banyak belajar. “Kalau ditetapkan nanti menjadi BLUD. Kami akan magangkan tim kami ke Surabaya dan memilih SMKN 5 Surabaya sebagai mitra untuk tim kami magang disana selama sepakan ataupun dua pekan,” ujarnya. (adi)