142 Calon Mahasiswa Unram Jalur SNMPTN Gugur Verifikasi

DAFTAR ULANG: Nampak para calon mahasiswa sedang sibuk melakukan daftar ulang tahap dua di panitia verifikasi UKT Unram (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Verifikasi pendaftaran calon mahasiswa jalur SNMPTN di Universitas Mataram (Unram) tahap pertama telah menggugurkan sebanyak 126 orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 16 orang pada daftar ulang 16 Mei lalu. praktis jumlahnya sebanyak 142 orang.

“Untuk jalur SNMPTN sendiri dari 1.189 yang dinyatakan lulus, ada sekitar 142 calon mahasiswa kita yang gugur saat diverifikasi ulang,” kata Ketua Panitia Lokal (Panlok) Unram, Prof. Dr. H. Lalu Wiresapta Karyadi, Kamis (25/5).

Bagi mahasiswa yang dinyatakan lolos pada verifikasi ulang berikutnya, mereka dijatahkan melakukan daftar ulang tahap dua selama satu minggu. Pendaftaran mulai dari 22 Mei sampai 27 Mei 2017 mendatang.

Sebelumnya saat pengumuman resmi dilakukan, terdapat 1.189 calon mahasiswa yang dinyatakan lolos. Namun setelah dilakukan verifikasi dan pendataan ulang pada raport asli calon mahasiswa datanya berbeda. Hal ini terjadi pada 16 mahasiswa.

Adapun untuk calon mahasiswa yang 126 itu, jelasnya, mereka dinyatakan gugur akibat tidak hadir pada waktu yang ditentukan. Praktis, sisa sementara yang berhak melakukan daftar ulang tahap dua sebanyak 1.047 dari 1.189 sebelumnya.

Ketelitian yang dilakukan panitia, sebutnya, tujuannya untuk menghasilkan calon mahasiswa yang berkualitas. “Apa jadinya kalau mahasiswa kita sudah pintar manipulasi data dari sekarang. Makanya yang seperti itu harus kita gugurkan,” lanjutnya.

Calon mahasiswa sebanyak 1.047 itu dinyatakan berhak mengikuti daftar ulang tahap dua untuk melakukan verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pada verifikasi tersebut, tetap akan diterapkan sistem silang, sehingga data yang diperlukan pada calon mahasiswa adalah data orangtua dan keadaan ekonominya.

Sementara salah satu panitia verifikasi UKT Unram, Hayin Aulia mengatakan, sejauh ini dari hari pertama calon mahasiswa datang melakukan daftar ulang tahap dua secara berangsur-angsur. Para calon mahasiswa dari 35 Prodi yang ada setiap hari datang mulai dari 200-an hingga 300-an. 

Sampai pada Kamis kemarin (25/5), mahasiswa diperkirakan yang sudah datang melakukan daftar ulang tahap dua kurang lebih sebanyak 800-an. Waktu yang masih tersisa dari jatah yang ditentukan tinggal 2 hari dari hari ini.

“Sepertinya kalau sampai Sabtu 27 Mei mendatang semuanya sudah rampung,” tutupnya (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid