140 Siswa SMK Bertarung di LKS

Logo LKS
Logo LKS

MATARAM–Sebanyak 140 siswa peserta Lomba Kopetensi Siswa (LKS) khusus untuk siswa SMK di NTB mulai bertarung unjuk keahlian masing-masing. Kegiatan tersebut berlangsung di 12 lokasi dengan jumlah 25 mata lomba.

“Lomba ini memang khusus untuk SMK dan harus kelas XII yang tamat kemarin,” kata Kabid Pembinaan SMK Dikbud NTB, Lalu Hasbulwadi, Sabtu (22/4).

Dijelaskannya, jenis lomba ini merupakan program pusat yang diperuntukkan buat siswa-siswa SMK yang memiliki kopetensi di bidang keahlian masing-masing. Lomba inipun memiliki tingkatan hingga internasional.

Namun sementara ini, masih tingkat provinsi yang dikoordinir langsung oleh Dikbud NTB. Mata lomba yang diberikan untuk wikayah NTB sendiri baru sebanyak 25. Sementara di tingkat nasional jumlahnyamencapai 53 mata lomba.

Adapun tujuan LKS ini diadakan, terangnya, sebagai salah satu langkah mengukur pencapaian kopetensi siswa SMK terbaik pada bidang program kopetensi keahlian masing-masing siswa. Selain itu, sebagai upaya menunjukkan performa siswa kepada pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan asosiasi profesi tentang kopetensi serta produktivitas siswa SMK, khususnya alumni SMK itu sendiri. 

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Mataram, Umar mengatakan, program LKS yang dihadirkan untuk siswa SMK sangatlah tepat. Ini karena dari sekian banyak siswa tidak semuanya akan berkuliah. Melainkan lebih kepada langsung mempraktekkan ilmu yang didapatkan selama sekolah di kejuruan.

“Lomba ini sangat tepat untuk kemajuan dan kemandirian siswa siswa kita yang dari alumni SMK,” tutupnya. (cr-rie)