136.535 Dukungan KTP Perbaikan Ali-Sakti Didistribusikan

ali-sakti
PERBAIKAN: KPU NTB distribusikan dukungan KTP perbaikan kepada KPU Lombok Utara Minggu kemarin (28/1). (Ahmad Yani/Radar Lombok)

MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB sudah mendistribusikan dukungan KTP perbaikan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB tahun 2018, H Moch Ali Bin Dachlan dan TGH Lalu Gede Muhamad Ali Wirasakti Amir Murni (Ali-Sakti) kepada KPU kabupaten/kota.

Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori mengatakan, dukungan KTP perbaikan paket Ali-sakti sudah distribusikan kepada KPU di 10 kabupaten/kota, baik di pulau Sumbawa dan pulau Lombok. Selanjutnya, beber Aksar, dukungan KTP perbaikan tersebut akan dilakukan proses verifikasi faktual.

” Sabtu (27/1) distribusi kita lakukan ke pulau Sumbawa dan Minggu (28/1) kita distribusikan di pulau Lombok”, katanya kepada Radar Lombok, Minggu  kemarin (28/1).

Aksar membeberkan, dukungan KTP perbaikan Ali-Sakti di Kabupaten Bima 2.885 , Dompu 1.431, Kota Bima 12.493, Sumbawa 791 dan  KSB 7.673.

Berikutnya, Kota Mataram 15.013 , Lombok Barat 4. 928 dan  Lombok Tengah 33.963. ” KLU 9.588 dan terbanyak di Lombok Timur 47.588 ” ujarnya.

Sesuai tahapan proses verifikasi faktual bagi pasangan bakal calon gubernur dan  bakal calon wakil gubernur jalur independen akan dilaksanakan tanggal 30 Januari – 5 Februari. Dalam proses verifikasi faktual nanti, kata Aksar, akan dilakukan secara kolektif, menurut pasal 66 PKPU nomor 3 tahun 2017.

Nanti tim penghubung harus menghadirkan pendukungnya  di PPS dan dikumpulkan dalam satu lokasi sudah disepakti untuk dilakukan verifikasi faktual. ” Lokasi verifikasi faktual nanti disepakati kedua belah pihak,” tandasnya.

Bagi Aksar, hasil verifikasi faktual dukungan tersebut akan menjadi penentu akhir Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) persyaratan pencalonan dukungan KTP perbaikan paket Ali- Sakti dengan persyaratan dukungan sebanyak 101 ribu.Selanjutnya direncanakan penetapan pasangan calon gubernur dan  calon wakil gubernur akan dilaksanakan pada tanggal 12 Februari mendatang.

” Sekarang kita tunggu hasil verifikasi faktual, berapa dukungan KTP perbaikan MS dan TMS,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua tim pemenangan paket Ali-Sakti, Basri Mulyani memastikan pihaknya sudah siap mengikuti proses verifikasi faktual dukungan KTP perbaikan tersebut.

Oleh karena itu, tim penghubung paket Ali-Sakti dipastikan sudah siap berkoordinasi dengan petugas KPU di semua lokasi untuk proses verifikasi faktual dukungan KTP perbaikan paket Ali-Sakti.” Prinsipnya, semua tim penghubung sudah kita persiapkan di semua lokasi,” tandasnya.

Sementara itu  KPU Lobar akan memverifikasi tambahan dukungan Ali-Sakti. Total KTP dukungan paket Ali-Sakti yang diterima dari KPU NTB  seperti diungkapkan Ketua KPU Lobar, Suhaimi Syamsuri mencapai 4.800 an dukungan yang tersebar di 10 kecamatan dan 63 desa. “Verifikasi faktual akan dilaksanakan dari tanggal 30 Januari sampai 5 Februari,” ujarnya sembari menyatakan optimisme bisa menyelesaikan target verifikasi faktual yang nantinya akan dilaksanakan oleh PPS.

Komisioner KPU Lobar, Suhardi menerangkan, verifikasi faktual perbaikan ini lebih sederhana. Bila dahulu PPS mendatangi pemilik salinan E-KTP satu persatu, maka kali ini PPS tinggal menghubungi tim penghubung Ali-Sakti di desa itu. Nantinya tim penghubung akan mengumpulkan pemilik salinan E-KTP. Bila menyatakan mendukung, tinggal dicentang. Bila tidak menyatakan mendukung dipersilakan menandatangani pernyataan BA5-KWK. (yan/zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut