122 Sekolah Ikuti OSN Kabupaten Tingkat SMP

OLIMPIADE SAIN: Kepala Dikbud Lotim, L Suandi, saat menyampaikan sambutan pada seremonial pembukaan kegiatan Olimpiade Sain untuk jenjang SMP/MTs yang berlansung di SMPN 3 Masbagik, Sabtu lalu (JALAL/RADAR LOMBOK)

SELONG—Sebanyak 122 sekolah jenjang SMP/MTs seluruh Kabupaten Lombok Timur mengikuti kegiatan Olimpiade Sain yang berlangsung di SMPN 3 Masbagik, Sabtu lalu (11/3), dan dibuka oleh Kepala Dikbud Lotim, L Suandi. Tiga orang terbaik dari tiga bidang yang dilombakan yaitu IPA, Matematika dan IPS berhak untuk mewakili Lotim di even yang sama di tingkat provinsi.

Dalam sambutan, Kepala Dikbud Lotim, L Suandi mengatakan bahwa layaknya kegiatan lomba, maka dia berharap akan tampil yang terbaik. Sehingga nantinya dapat bersaing di tingkat nasional. “Harapan kita tidak sekedar tampil di tingkat provinsi saja, tetapi nantinya akan tampil sebagai yang terbaik di level nasional,” harapnya.

Terkait peluang, dikatakan Lotim memiliki peluang yang sangat terbuka. Mengingat setiap tahun selalu berkesempatan mengirimkan duta ke tingkat provinsi ataupun nasional. “Kita sering mewakili sampai ke tingkat nasional, dan tentu tak lepas dari kesungguhan kita. Tahun ini kita akan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan potensi yang ada, sehingga bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” tekadnya.

[postingan number=3 tag=”lotim”]

Dia meyakini, nantinya akan muncul yang terbaik dalam seleksi ini, sehingga diharapkan akan dapat mengharumkan Lotim di kancah nasional. Tentunya dengan mempersiapkan tim pembina terbaik di tingkat kabupaten, untuk menggembleng para duta yang akan mewakili Lotim ataupun NTB.

Sementara Ketua Panitia sekaligus Ketua MKKS SMP Lotim, Bambang, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan Olimpiade Sains tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana jika tahun lalu masing-masing sekolah boleh mengirimkan wakil lebih dari satu untuk masing-masng Mapel, namun tahun ini hanya boleh diwakili satu orang untuk satu Mapel.

Sehingga untuk satu sekolah hanya boleh menutus tiga orang untuk tiga Mapel yang dilombakan. Demikian pula peserta terbaik, akan diambil tiga besar tahun ini. Sementara tahun lalu yang diambil adalah sepuluh besar.

Disampaikan, peserta tahun ini diikuti oleh 122 sekolah SMP negeri dan swasta se Lombok Timur. Diantaranya 64 sekolah negeri, 3 MTs, dan sisanya swasta dan Satap. “Mudah-mudahan yang terjaring nantinya merupakan yang terbaik, untuk kemudian akan menjadi duta Lotim di tingkat provinsi, dan bahkan nasional,” pungkas Kepala SMPN 3 Masbagik ini. (lal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid