12 Pelajar Lotim Melenggang ke O2SN Nasional

SELONG—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Lombok Timur (Lotim) mengutus 12 orang pelajar mewakili NTB pada pagelaran Olimpiade Olahraga Sain Nasional ( O2SN). Gelaran ini akan digelar di Jakarta tinggal beberapa minggu lagi. Dari 12 orang itu terdiri dari 7 pelajar SMA, 3 SMP dan 2 pelajar SD.

12 pelajar asal Lotim ini  nantinya akan berkompetensi pada berbagai jenis bidang olahraga sesuai dengan jenjang pendidikannya, sepeti catur, bulutangkis , tenis dan beberapa olahraga lainnya. Mereka lolos ke tingkat nasional setelah melalui proses seleksi mulai dari tingkat kebupaten hingga tingkat provinsi.

Kini delegasi asal Lotim sudah mulai diberangkatkan  secara bertahap ke Mataram. Disana mereka akan menjalani latihan ringan sebelum bertanding ke Jakarta. ‘’Saat ini mereka masih berada di Mataram. Dua hari mereka disana, setelah itu akan diberangkatkan ke Jakarta,” ungkap Kabid Pendidikan dan Olahraga (Pora) Dikpora, Ahsanuddin, Rabu (21/7).

BACA JUGA :  9 Siswa SMK Ikuti O2SN di Medan

Para pelajar ini lanjutnya merupakan siswa yang telah  memiliki prestasi cukup cemerlang dibidang olahraga. Dari semua jenis olahraga yang dipertandingkan, bulutangkis da catur  menjadi salah satu harapan dalam O2SN nanti. Mengingat kemampaun pelajar di dua  olahraga tersebut sejauh ini cukup baik. Ini dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang telah mereka toreh.

Dikatakan, dari 12 perwakilan Lotim di O2SN tingkat nasional ini dianggap cukup banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Artinya prestasi dibidang olahraga perlahan sudah mulai meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya ‘’Kalau sebelumnya hanya beberapa pelajar saja yang kita kirim. Saat ini terbanyak,” terangnya.

Diakuinya, prestasi dibidang olahraga masih perlu untuk ditingkatkan lagi. Untuk mencapai itu, bisa dilakukan dengan mempekuat koordinasi dengan pihak sekolah dan guru. Caranya dengan rutin melakukan rapat koordinasi (rakor).  (lie)