12 Kamar Sunset Valm Villa di Gili Trawangan Ludes Terbakar

TERBAKAR: 12 kamar Sunset Valm Villa, Gili Trawangan terbakar (IST/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Bangunan Sunset Valm Villa di Kawasan Wisata Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU) ludes terbakar sekitar pukul 17.30 WITA, Senin (8/11). Masyarakat hanya bisa memadamkan dengan alat manual, sebab di kawasan wisata kelas dunia itu tidak ada tim pemadam kebakaran. Yang terdekat yakni di Pemenang, sehingga butuh waktu menyeberang ke pulau.

“Kondisi bangunan 90 persen sudah hangus terbakar, jumlah kamar di villa yang terbakar itu 12 kamar,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Damkar KLU Suhardi.

BACA JUGA :  Imbas MotoGP, 20 Persen Karyawan Hotel di Gili Kembali Bekerja

Pihaknya menerjunkan dua personel Posko Pemadam Kebakaran Pemenang yang dibekali alat pemadam api ringan (APAR) 1,5 kg sebanyak 3 buah. “Api padam setelah semua bangunan hangus terbakar,” katanya.

Adapun bangunan cepat terbakar karena bahannya mudah terbakar. Api diduga berasal dari rerumputan kemudian membakar pohon kelapa termasuk kabel dan bangunan sekitarnya.

Villa diduga dalam kondisi sepi tidak ada penjaga sehingga tidak cepat mengantisipasi menjalarnya api. “Api diduga bersumber dari rerumputan yang terbakar di sekitar kemudian merambat ke bangunan villa sunset tersebut,” terang salah seorang warga Gili Trawangan, Adiem.

BACA JUGA :  Tak Ada Damkar di Gili, Gubernur Janji Cari Cara Praktis Padamkan Api

Villa kemungkinan dalam keadaan tutup (tidak beroperasi) sehingga tidak ada penghuni di dalamnya. Tentu dari kejadian kebakaran itu diharapkan pemerintah daerah dapat menempatkan unit pemadam kebakaran di gili. Kemudian, masyarakat juga tidak boleh membuang puntung rokok sembarangan dan tidak sembarang membakar sampah. “Kita harap jika ada pengunjung atau masyarakat melihat sumber api kecil segera dipadamkan,” harapnya. (flo)